Gadget merupakan seperangkat elektronik yang mempunyai fungsi khusus. Gadget dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gadget terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV SDN 005 Pulau Beralo, pengaruh gadget terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 005 Pulau Beralo. Pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Sampel sebanyak 20 peserta didik. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas,dan uji t. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa gadget berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik dengan tingkat signifikansi 0,0005 < 0,005 dan nilai thitung = 4,250 dan ttabel = 2,101 pada taraf signifikansi 5%. Gadget berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dengan tingkat signifikansi 0,0002 < 0,005 dan thitung 4,557 dan ttabel = 2,101 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh gadget terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 005 Pulau Beralo.
Copyrights © 2024