Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Gadget Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 005 Pulau Beralo Kabupaten Kuantan Singingi

Mirda Citra Devi (Universitas Islam Riau)
Febrina Dafit (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2024

Abstract

Gadget merupakan seperangkat elektronik yang mempunyai fungsi khusus. Gadget dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gadget terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV SDN 005 Pulau Beralo, pengaruh gadget terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 005 Pulau Beralo. Pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Sampel sebanyak 20 peserta didik. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas,dan uji t. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa gadget berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik dengan tingkat signifikansi 0,0005 < 0,005 dan nilai thitung = 4,250 dan ttabel = 2,101 pada taraf signifikansi 5%. Gadget berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dengan tingkat signifikansi 0,0002 < 0,005 dan thitung 4,557 dan ttabel = 2,101 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh gadget terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 005 Pulau Beralo.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...