Mesin diesel termasuk salah satu jenis mesin pembakaran dalam yang biasa disebut Compressed Ignition Engine. PLTD Sungai Raya adalah salah satu unit pembangkit yang penggerak generatornya menggunakan mesin diesel untuk menghasilkan listrik. Pada penelitian ini menggunakan mesin diesel Sulzer ZAV 40S dengan membandingkan bahan bakar Marine Fuel Oil (MFO) dan High Speed Diesel (HSD) untuk mengetahui performa mana yang baik antara kedua bahan bakar tersebut. Pengujian ini meliputi: Daya mesin, temperature gas buang, proses pembakaran (grafik p/alpha), tekanan ruang bakar, dan konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) dengan menggunakan metode eksperimen. Objek penelitian adalah mesin diesel Sulzer ZAV 40S, Bahan bakar MFO dan HSD. Pengujian dilakukan variasi beban mesin 3 MW, 4MW dan 5MW dengan putaran mesin 500 rpm. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh, kemudian dijelaskan dalam bentuk kalimat dan grafik sederhana yang mudah dipahami. Hasil pengujian menunjukkan bahwa daya mesin yang dihasilkan dan tekanan ruang bakar lebih tinggi MFO, pada proses pembakaran (grafik p/alpha) bahan bakar HSD lebih baik, Temperatur gas buang dengan beban 3 MW dan 4 MW rata-rata temperatur MFO lebih tinggi pada beban mesin 5 MW temperatur gas buang MFO dan HSD temperaturnya sama. Beban 3 MW dan 4 MW konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) HSD lebih sedikit, beban mesin 5 MW bahan bakar HSD lebih banyak dari pada MFO.
Copyrights © 2018