RADIKULA: Jurnal Ilmu Pertanian
Vol 2 No 2 (2023): RADIKULA: Jurnal Ilmu Pertanian

Pengaruh Dosis Biochar dan Pupuk Kandang Kambing pada Pertumbuhan Awal Tanaman Jahe Merah (Zingiber officinale var. Rubrum)

Rachmad Arsyil Madjiid (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Nora Augustien (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Nova Triani (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dosis terbaik untuk memacu pertumbuhan awal bibit tanaman jahe merah dan mengetahui pengaruh pemberian dosis biochar dan kotoran kambing terhadap pertumbuhan bibit tanaman jahe merah. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) faktorial dengan dua faktor. Dosis biochar yang terbagi dalam empat taraf perlakuan 12 g/polibag, 20 g/polibag, 28 g/polibag, dan 36 g/polibag merupakan unsur penentu pertama. Dosis kotoran kambing yang terdapat dalam empat taraf perlakuan 20 g/polibag, 40 g/polibag, 60 g/polibag, dan 80 g/polibag merupakan faktor kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan kombinasi biochar 36 g/polibag dan pupuk kandang kambing 80 g/polibag berpengaruh dan memberikan nilai tertinggi untuk parameter pertumbuhan, seperti jumlah daun, diameter batang, dan panjang tanaman.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

radikula

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

RADIKULA: Jurnal Ilmu Pertanian adalah jurnal nasional Indonesia dengan akses terbuka yang menerbitkan artikel hasil penelitian berkualitas tinggi di bidang pertanian. Jurnal RADIKULA terdaftar dengan nomor ISSN 2961-726X (cetak) dan ISSN 2961-7014 (online) yang diterbitkan oleh Prodi Agroteknologi ...