Langgong: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol 2 No 2 (2022)

MEMBACA TEKS BERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 4

Primanisa Inayati Azizah (Universitas Negeri Yogyakarta)
Happri Novriza Setya Dhewantoro (Universitas Negeri Yogyakarta)
Asyhar Basyari (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan membaca teks berita untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas VIII di SMP Tamansiswa Nanggulan yang dilakukan oleh Mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 4. Penelitian kualitatif dengan metode studi kasus ini memiliki subjek penelitian 13 siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Nanggulan. Kegiatan dilakukan pada bulan Oktober-November 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kegiatan ini siswa diminta untuk memilih teks berita sendiri, membacakan teks berita di depan kelas dan memahami komponen what, when, where, who dan how (5W 1H) pada teks berita. Pada akhir kegiatan ini diketahui semakin banyak siswa yang mampu memahami teks, dan membacakannya, sehingga membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan literasinya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

langgong

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Langgong: Jurnal llmu Sosial dan Humaniora published by the Department of Social Studies Education, the Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mulawarman, published twice a year, March and September. It contains articles of research or study of literature in the field of Social and ...