Instagram menjadi salah satu media online yang digunakan sebagai sumber informasi pada khalayak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kredibilitas dan motif penggunaa media sosial Instagram @seatodaynews terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Uses and Gratification. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan metode kuesioner (angket) secara online kepada 400 sampel dan pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling menggunakan rumus Slovin, kemudian data diolah menggunakan aplikasi program SPSS 25. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah kredibilitas, motif penggunaan, dan pemenuhan kebutuhan informasi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa kredibilitas dan motif penggunaan berpengaruh secara positif terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pada followers baik secara parsial maupun simultan. Pada hasil uji Koefisien Determinasi (Adjusted R Square) menunjukkan bahwa kredibilitas dan motif penggunaan media sosial Instagram @seatodaynews berkontribusi memberikan pengaruh terhadap variabel pemenuhan kebutuhan informasi sebesar 40,5%.
Copyrights © 2024