Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JUKIM)
Vol. 2 No. 6 (2023): November: Jurnal Ilmiah Multidisiplin

PENGARUH INOVASI PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, MEDIA SOSIAL DAN HARGA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING

Tiara Putri Salsabila (Universitas Gunadarma)
Julius Nursyamsi (Universitas Gunadarma)
Joko Utomo (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2023

Abstract

Kajian artikel ini menganalisis pengaruh inovasi produk, kualitas pelayanan, media sosial, dan harga terhadap keunggulan bersaing secara parsial maupun simultan, dengan subjek penelitian pada bidang kuliner di coffee shop Kopi Nako Depok. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitaif, tahap uji dilakukan adalah uji validitas, reliabilitas, normalitas, heteroskedastisitas, multikolinearitas, regresi linear berganda, koefisien determinasi (R2), uji F dan uji T. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner, dan data valid yang berhasil dikumpulkan sebanyak 300 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah SPSS 25. Berdasarkan hasil menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel inovasi produk, kualitas pelayanan, media social, dan harga berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Hal ini dapat dijelaskan bahwa keunggulan bersaing pada bidang kuliner minuman dipengaruhi oleh faktor inovasi produk, hal ini menjelaskan inovasi produk dalam kuliner minuman menjadi hal penting dilakukan agar memperoleh keunggulan bersaing, kualitas pelayanan secara internal memberikan pengaruh signifikan, melakukan promosi atau memperkenalkan toko atau produk menjadi keharusan di media social dan sangat efektif, dan harga walaupun bersifat psikologi yaitu persepsi harga memiliki peran sangat dipengaruhi oleh sikap individual. Inovasi produk, kualitas pelayanan, media social dan harga dalam artikel ini menjadi faktor pembentuk keunggulan bersaing, hal ini menjadi kajian dalam ilmu manajemen, perilaku konsumen dan manajemen pemasara.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JUKIM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Multidisiplin adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia dan di terbitkan 6 kali dalam setahun yautu Januari, Maret, Mei, Juli, September, November. Jurnal Ilmiah ...