Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 3 No. 5 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KEUANGAN PADA GENERASI MILENIAL (Studi Pada Mahasiswa Universitas di Mojokerto dan Surabaya)

Rizky Daniar Syah Putra (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Azel Naufal (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Tri Ratnawati (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Hwihanus Hwihanus (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku keuangan generasi milenial di Surabaya dan Mojokerto. Melalui metode survei, penelitian ini melibatkan populasi sebanyak 4095 orang dengan sampel berjumlah 98 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan generasi milenial. Demikian pula, gaya hidup terbukti berdampak signifikan pada perilaku keuangan mereka. Lebih lanjut, ketika literasi keuangan dan gaya hidup dianalisis secara simultan, keduanya menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku keuangan generasi milenial. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pengetahuan keuangan dan kesadaran gaya hidup dalam membentuk perilaku keuangan yang bertanggung jawab di kalangan generasi milenial. Penelitian ini memberikan wawasan baru bagi pembuat kebijakan dan praktisi dalam merancang program pendidikan keuangan yang efektif untuk generasi muda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...