Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 4 No. 2 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

NEW DEVELOPMENT OF DIRECT PURCHASE T-SHIRT PADA PT TRANS RETAIL INDONESIA

Shilvie Nuriana (Universitas Tama Jagakarsa)
Eko Cahyo Mayndarto (Universitas Tama Jagakarsa)
Sabarkita Sembiring (Universitas Tama Jagakarsa)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2024

Abstract

PT Trans Retail Indonesia dahulunya dikenal sebagai Carrefour Indonesia yang berdiri sejak tahun 1998 dan merupakan salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia. Transmart sendiri menyediakan produk t-shirt/kaos oblong baik untuk wanita maupun pria. Perkembangan fashion khususnya t-shirt juga sangat diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari usia muda hingga dewasa. Pakaian jenis ini sangat digemari di negara beriklim tropis, karena bentuknya lebih simpel dibandingkan jenis pakaian lain. Penulis penelitian ini ditempatkan pada bidang industri fashion khususnya t-shirt untuk wanita. T-shirt yang ada Transmart memiliki kekurangan, di antaranya bentuknya yang kurang variatif juga tidak banyak perubahan model dibandingkan jenis pakaian lainnya dan beberapa kompetitor lain. Dengan adanya keterbatasan itu membuat beberapa pihak produsen berlomba-lomba membuat sesuatu yang lebih inovatif untuk menarik minat beli konsumen dan mempertahankan bisnisnya agar tetap eksis. Dengan melihat permasalahan tersebut, peneliti termotivasi melakukan analisis terhadap strategi pemasaran t-shirt di PT Trans Retail Indonesia dalam menarik minat beli konsumen untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk digunakan dalam menarik minat konsumen. Metode penelitian ini menggunakan analisis despkriptif kualitatif. Setelah peneliti menyusun penemuan oversize tshirt, peneliti kembali melakukan analisa bauran ritel. Peneliti melakukan perbandingan penemuan oversize tshirt terhadap produk kompetitor sejenisnya. Selain itu untuk mengetahui minat beli konsumen, peneliti kembali melakukan wawancara terhadap kelima narasumber tersebut dengan menghadirkan oversize t-shirt sebagai suatu produk baru yang memiliki kualitas yang setara kompetitor dan menawarkan harga yang lebih terjangkau dari kompetitor. Dari lima narasumber, empat di antaranya tertarik untuk membeli produk oversize t-shirt, yang berarti inovasi oversize t-shirt dapat menaikkan minat beli konsumen pada kategori produk apparel t-shirt PT Trans Retail Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...