Advances In Social Humanities Research
Vol. 1 No. 1 (2023): ADVANCES in Social Humanities Research

ANALISA FAKTOR RESIKO POSTUR KERJA TERHADAP KELUHAN NECK PAIN PADA DOKTER GIGI DI RSU PERMATA HATI, SEMARAPURA

Kadek Pradnya Prameitha Pratiwi Nartha (Departement Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Malang)
Ali Multazam (Departement Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2023

Abstract

Permasalah ergonomi di tempat kerja merupakan faktor risiko yang memberikan kontribusi terhadap masalah K3 yang menimbulkan penyakit akibat kerja seperti nyeri leher (neck pain). Faktor yang mempengaruhi timbulnya neck pain adalah faktor individu dan faktor resiko yakni postur, durasi kerja, dan masa kerja. Dokter gigi merupakan profesi yang rentan terhadap keluhan nyeri leher akibat postur kerja duduk statis dengan posisi leher menunduk dan tubuh membungkuk dengan durasi yang lama. Penelitian dilakukan dan dianalisis secara deskriptif. Analisa faktor resiko postur kerja yang dilakukan pada dokter gigi di poli gigi RSU Permata Hati, Semarapura didapatkan sampel berjumlah 6 orang berjenis kelamin perempuan. Dalam menangani pasien, dokter gigi bekerja 4 jam perharinya dan sudah bekerja selama 2 – 6 tahun. Analisa dimulai pada tanggal 15 Maret 2022. Tahapan awal yakni persetujuan dan pendataan seperti identitas diri, durasi, dan masa kerja. Berdasarkan hasil NBM diperoleh skor tertinggi 66 termasuk kategori resiko “sedang”, hasil pengukuran postur dengan RULA didapatkan nilai tertinggi 7 “tinggi” artinya diperlukan tindakan perbaikan postur kerja sekarang juga, serta pengukuran fungsional leher menggunakan NDI didapatkan hasil tertinggi 22 berarti gangguan tingkat moderate. Hasil observasi penyebab keluhan neck pain pada dokter gigi diakibatkan oleh postur tubuh yang tidak baik saat bekerja dengan durasi yang dilakukan dalam kurun waktu menahun.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

vo

Publisher

Subject

Humanities Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Advances In Social Humanities Research is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social and humanities fields. The journal is published monthly by Sahabat Publikasi Advances In Social Humanities Research provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall ...