Advances In Social Humanities Research
Vol. 1 No. 8 (2023): ADVANCES in Social Humanities Research

Efektivitas Edukasi Gizi Menggunakan Leaflet dan Food Model Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Sarapan Sehat

Rusyda Salsabila (Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur Jurusan Gizi Prodi Sarjana Terapan Gizi Dan Dietetika Samarinda)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2023

Abstract

Pendahuluan : Gizi kurang masih menjadi masalah yang sering terjadi pada remaja khususnya pada anak usia sekolah. Banyak anak usia sekolah yang belum menerapkan gizi seimbang. Pemenuhan asupan zat gizi pada anak sekolah dapat dimulai dengan sarapan sehat teratur setiap hari. Sarapan sehat bagi anak sangatlah penting, karena anak-anak pada saat di sekolah sering melakukan aktivitas yang membutuhkan energi dan kalori yang cukup besar. Kurangnya pemberian edukasi gizi pada remaja juga dapat mempengaruhi pengetahuan dan sikap remaja terkait sarapan sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas edukasi gizi terhadap pengetahuan dan sikap tentang sarapan sehat. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Experimental dengan rancangan one group pretest-posttest design untuk membandingkan efektivitas media leaflet dan media food model terhadap pengetahuan dan sikap remaja. Uji statistik yang digunakan adalah uji Wilcoxon dan dilanjut dengan uji Mann Whitney. Penyajian penelitian secara deskriptif dalam bentuk grafik atau narasi. Data pengetahuan dan sikap diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan setelah dilakukan edukasi dengan media leaflet dan food model pada kelompok eksperimen dan kelompok control. Hasil signifikasi pengetahuan diperoleh p-value 0,016 dan nilai signifikansi sikap diperoleh p-value 0,035. Kesimpulan : Terdapat perbedaan yang signifikan antara media leaflet dan food model terhadap pengetahuan dan sikap.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

vo

Publisher

Subject

Humanities Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Advances In Social Humanities Research is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social and humanities fields. The journal is published monthly by Sahabat Publikasi Advances In Social Humanities Research provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall ...