IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 2 (2022)

Upaya Peningkatan Motivasi Literasi Guru Melalui Penggunaan Buku Jurnal Literasi di MtsN 7 Bantul Tahun 2022

Tutik Husniati (Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Bantul)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Tujuan – Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi guru MTsN 7 Bantul dalam literasi melalui penggunaan buku jurnal literasi. Metode – Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan madrasah yaitu sebuah penelitian yang dilakukan oleh kepala madrasah terhadap guru-guru di madrasahnya sendiri. Penelitian Tindakan Madrasah (PTM) dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu; perencanaan tindakan (action plan), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini yaitu guru-guru MtsN 7 Bantul yang berjumlah 39 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan skor guru pada tiap siklus dan mencapai ketuntasan klasikal ≥80. Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku jurnal literasi dapat meningkatkan motivasi literasi guru di MTsN 7 Bantul pada tahun 2022. Selanjutnya, melihat hasil sumbangsih buku jurnal literasi dalam meningkatkan motivasi literasi guru, disarankan kepada para kepala madrasah bahwa dengan tipikalnya tersebut mampu meningkatkan motivasi literasi guru secara umum. Kepala madrasah yang menggunakan buku pantauan literasi lebih mungkin untuk memiliki guru yang berhasil dari pada kepala madrasah yang tidak menggunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...