IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 2 No. 2 (2023): On Procces

Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Menggunakan Metode Show and Tell dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Surini Surini (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2023

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode show and tell dalam pembelajaran bahasa inggris pada ranah keterampilan berbicara siswa kelas XI MIA 3 di MAN 1 Yogyakarta. Metode – Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model penelitian Kemis dan Mc Taggart. Model Mc Taggart ini terdiri dari empat komponen yang berurutan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi, yang dalam pelaksanaan dan pengamatannya dilakukan secara bersamaan. Artinya pengamatan dilakukan pada saat proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI MIA 3, yang berjumlah 29 orang siswa. Analisis data akan dilakukan dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan perbandingan antara hasil sebelum dan setelah penerapan metode Show and Tell dengan tolak ukur keberhasilan sebesar 80%. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siklus I menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 3 siswa (10%), sedangkan siswa yang mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 27 siswa (70%), dengan perolehan rata-rata 50,8 (di bawah KKM). Hasil evaluasi akhir siklus II menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 26 siswa (86,7%), sedangkan siswa yang mendapat nilai di bawah KKM ada 4 siswa (13,3%), dengan rata-rata 86,2 (di atas KKM). Hal ini menunjukkan bahwa metode show and tell dapat digunakan untuk menunjang peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris, khususnya keterampilan berbicara. Keaktifan siswa dan efektifitas pembelajaran dari pertemuan ke pertemuan selanjutnya semakin meningkat. Pada siklus I aktifitas siswa dan efektifitas pembelajaran mencapai 69%, sedang pada silkus 2 keaktifan siswa dan efektifitas belajar mencapai 90%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...