IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 2 No. 2 (2023): On Procces

Pengembangan Program Moderasi Beragama di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kulon Progo

Ismunandar (Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kulon Progo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2023

Abstract

Tujuan – Penelitian ini menginvestigasi pengembangan dan implementasi program moderasi beragama di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kulon Progo, Indonesia, berdasarkan Keputusan Menteri Agama No. 184 tahun 2019. Tujuan utama studi ini ada tiga: 1) Menganalisis pengembangan program moderasi beragama di sekolah tersebut, 2) Meneliti peran administrator sekolah, pendidik, dan siswa dalam pelaksanaan program ini, dan 3) Mendeskripsikan metodologi yang digunakan dalam pengembangan program moderasi beragama. Metode – Penelitian ini mengikuti kerangka Riset dan Pengembangan (R&D), menggunakan model sepuluh tahap Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah dengan teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil – Program ini mencakup modul "Kita semua Saudara (KISA)," "Aku Cinta Indonesia (ACI)," "Hormati Budaya Lokal (HBL)," dan "Sabtu Muqodaman Al Aquran (SAMAN)." Keterlibatan aktif semua pemangku kepentingan sekolah secara signifikan berkontribusi pada keberhasilan pelaksanaan program. Selain itu, pengembangan program untuk pengajaran Akidah Akhlak di kelas delapan menunjukkan tingkat validitas yang wajar berdasarkan validasi ahli, uji pengguna terbatas, dan uji coba utama. Lebih lanjut, efektivitas program dalam meningkatkan kinerja siswa kelas delapan sebelum dan setelah pelaksanaannya secara statistik signifikan. Implikasi studi ini melampaui konteks khusus, membahas peran penting lembaga pendidikan dalam memupuk moderasi beragama. Keberhasilan pelaksanaan, yang dipandu oleh Keputusan Menteri Agama No. 184 tahun 2019, menjadi model bagi lembaga pendidikan lainnya, mempromosikan toleransi, penghormatan terhadap keragaman, dan kehidupan bersama yang damai dalam lanskap budaya dan agama yang beragam di Indonesia. Namun, penting untuk mengakui keterbatasan studi ini dan merekomendasikan penelitian lebih lanjut di bidang ini untuk menjelajahi dimensi dan konteks tambahan, meningkatkan pemahaman kita tentang moderasi beragama dan dampaknya pada masyarakat

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...