IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 2 No. 2 (2023): On Procces

Peningkatan Keaktifan dan Keterampilan Siswa dalam Menulis Teks Deskriptif Melalui Penggunaan Media Photo Story

Atik Yuliana (Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Sleman, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2023

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan keterampilan menulis teks deskriptif pada siswa kelas VII di MTs N 4 Sleman dengan menggunakan Media Photo Story. Metode – Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengikuti model Kemis dan Mc Taggart, yang terdiri dari siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII C. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes, dengan indikator keberhasilan ditetapkan pada peningkatan keaktifan dan keterampilan siswa dalam menulis teks deskriptif dengan batas minimal 75%. Hasil – Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan siswa dari kondisi awal ke siklus I dan II. Persentase siswa dalam kategori kurang aktif turun dari 65,6% menjadi 0%, sementara kategori sangat aktif meningkat dari 0% menjadi 50%. Keterampilan dan hasil belajar siswa juga meningkat signifikan, dengan persentase siswa yang tuntas naik dari 34,4% menjadi 100%. Implikasi penelitian ini signifikan, menunjukkan bahwa integrasi Media Photo Story dalam pengajaran bahasa dapat meningkatkan keterlibatan dan keterampilan menulis siswa. Penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk mengeksplorasi aplikasi Media Photo Story dalam berbagai setting pendidikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...