Hatta: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Vol 1 No 1 (2023): April

PENGARUH PRESTASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA (Survei pada Siswa SMK Diponogoro Majenang Kelas XI BDP2)

Yoni (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Majenang)
Dede Kurnia (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Majenang)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2023

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui pengaruh positif prestasi belajar terhadap minat berwirausaha siswa SMK kelas XI BDP 2. 2) Mengetahui pengaruh positif lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa SMK kelas XI BDP 2.3) Mengetahui pengaruh positif prestasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa SMK kelas XI BDP 2. Jenis penelitian yang akan dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan metode survey. Metode survey digunakan untuk mendapatkan data dari tempat tetentu yang alamiah (bukan butan), tetapi peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan data, misalnya dengn mengedarkan kuesioner, tes, wawancara terstruktur dan sebagainya (Sugiyono, 2017 : 12). Sedangkan pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS. Kesimpulan yang diperoleh : 1) Ada pengaruh antara prestasi belajar terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI BDP 2 di SMK Diponegoro Majenang sebesar 0,421 atau42,1%. 2) Ada pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI BDP 2 di SMK Diponegoro Majenang. sebesar 0,463 atau 46,3%. 3) Ada pengaruh secara bersama – sama atau secara simultan antara prestasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI BDP 2 di SMK Diponegoro Majenang. sebesar 44,7% dengan persamaan regresi Y = 35,483 + 0,165X1 + 0,588X2.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

hatta

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Hatta: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, P-ISSN : 3031-7576, E-ISSN : 3031-7568. Jurnal ini bersifat Open Access. Artikel yang diterbitkan dapat diakses oleh semua pihak. Fokus dan Scope Jurnal ini yaitu Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi yang berkaitan. Terbit 2 kali dalam 1 tahun yaitu ...