cover
Contact Name
Katon Abdul Fatah
Contact Email
katonfath@gmail.com
Phone
+6285703206666
Journal Mail Official
ariefbudhiman@stkip-majenang.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Pahonjean KM 2 Pahonjean Majenang, Cilacap, Jawa Tengah
Location
Kab. cilacap,
Jawa tengah
INDONESIA
Hatta: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
ISSN : 30317576     EISSN : 30317568     DOI : https://doi.org/10.62387/hatta.v1i1
Core Subject : Economy, Education,
Hatta: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, P-ISSN : 3031-7576, E-ISSN : 3031-7568. Jurnal ini bersifat Open Access. Artikel yang diterbitkan dapat diakses oleh semua pihak. Fokus dan Scope Jurnal ini yaitu Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi yang berkaitan. Terbit 2 kali dalam 1 tahun yaitu pada bulan April Dan Oktober. Diterbitkan oleh STKIP Majenang. Hatta: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi menerima makalah dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
Articles 21 Documents
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI ALFAMART JENANG KECAMATAN MAJENANG Diana Ekawati; Dede Kurnia
HATTA : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 1 No 1 (2023): April
Publisher : STKIP MAJENANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62387/hatta.v1i1.5

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) mengetahui pelayanan di Alfamart Jenang. 2) mengetahui bagaimana loyalitas konsumen di Alfamart Jenang. 3) mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen di Alfamart Jenang. Jenis Penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah survey. Hasil uji statistik deskriptif kategori kecenderungan kualitas pelayanan di Alfamart Jenang Kecamatan Majenang menunjukan masuk kategori sangat baik sebanyak 1 responden atau sebesar 2,5%, masuk kategori baik sebanyak 38 responden atau sebesar 95%, masuk kategori cukup sebanyak 1 responden atau sebesar 2,5%, dan tidak ada yang masuk kategori kurang. Kategori kecenderungan loyalitas konsumen di Alfamart Jenang Kecamatan Majenang yang masuk kategori sangat baik sebanyak 14 responden atau sebesar 35%, masuk kategori baik sebanyak 26 responden atau sebesar 65%, dan tidak ada yang masuk cukup maupun kategori kurang. Hasil penelitian melalui analisis data pada regresi sederhana menunjukkan ada pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen di Alfamart Jenang Kecamatan Majenang dengan nilai signifikansi 0,000. Persamaan regresinya dapat ditulis Y= 18,543 + 0,439X. Dari tabel Model Summary diperoleh nilai R atau nilai korelasi sebesar 0,570 atau 57,0%. Sedangkan nilai R square 0,324 mengandung pengertian bahwa pengaruh variable X ( kualitas pelayanan ) terhadap variabel Y ( loyalitas konsumen ) sebesar 32,4 %.
PENGARUH ROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA MAFATIHUL HUDA CIPARI KABUPATEN CILACAP Isnaeni Nurbaeti; Salamun Hadi Subroto
HATTA : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 1 No 1 (2023): April
Publisher : STKIP MAJENANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62387/hatta.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran profesionalisme guru dan gambaran prestasi belajar siswa. Serta mengetahui apakah profesionalisme guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Mafatihul Huda Cipari. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Variabel yang diteliti dalam penelitian ada dua yaitu profesionalisme guru sebagai variabel X dan Prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Mafatihul Huda Cipari Selayar sebagai variabel Y. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 40 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa profesionalisme guru ekonomi di MA Mafatihul Huda Cipari Kabupaten Cilacap yang masuk kategori rendah sebanyak 8 responden atau sebesar 20%, masuk kategori sedang sebanyak 25 responden atau sebesar 26,5% dan masuk kategori tinggi sebanyak 7 responden atau sebesar 17,5%. Secara umum, bisa peneliti simpulkan bahwa prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI MA Mafatihul Huda Cipari Kabupaten Cilacap adalah Cukup. Berdasarkan hasil dari rumusan masalah didapatkan kesimpulan bahwa professional guru terdapat hubungan yang positif dan singnifikan dengan prestasi belajar, Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya persamaan Y = 32,910 + 0,555 X dan dengan koefisien korelasi rhitung sebesar 0,556 > rtabel sebesar 0,312. Pada taraf kesalahan 5%.
PENGARUH PROMO JSM (JUMAT, SABTU & MINGGU) TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN DI ALFAMART KARANG GENDOT WANAREJA CILACAP Siti Zulaikha; Salamun Hadi Subroto
HATTA : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 1 No 1 (2023): April
Publisher : STKIP MAJENANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62387/hatta.v1i1.7

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Mengetahui bagaimana deskripsi promo JSM di Alfamart Karang Gendot Wanareja Cilacap. 2) Mengetahui bagaimana deskripsi volume penjualan di Alfamart Karang Gendot Wanareja Cilacap. 3) Mengetahui bagaimana pengaruh promo JSM terhadap peningkatan volume penjualan di Alfamart Karang Gendot Wanareja Cilacap. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif sedangkan metode yang digunakan adalah komparatif. Hasil penelitian melui uji T-Test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 ada perbedaan volume penjualan antara hari Senin, Selasa, Rabu dan Kamis dengan volume penjualan pada hari Jum’at, Sabtu, Minggu. Menunjukan bahwa promosi JSM dapat meningkatkan volume penjualan di Alfamart Karang Gendot Wanareja Cilacap.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBENTUK SIKAP WIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XI SMK GAGAS WANAREJA TAHUN AJARAN 2020/2021 ROSI ASTRIANINGSIH; Solihun
HATTA : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 1 No 1 (2023): April
Publisher : STKIP MAJENANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62387/hatta.v1i1.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bentuk pendidikan kewiraushaan di kelas IX SMK GAGAS Wanareja, (2) Implementasi pendidikan kewirausahaan, (3) Hasil dari implentasi pendidikan kewirausahaan dalam membentuk sikap wirausaha pada siswa kelas XI SMK GAGAS Wanareja. Penelitian dilaksanakan di SMK GAGAS Wanareja. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian terdiri dari kepal sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pemngumpulan data, reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan melalui triaangulsi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian: (1)Bentuk kegiatan pendidikan kewirausahaan di SMK GAGAS Wanareja dapat diinternalisasikan melalui beberapa aspek, yaitu dapat di integrasikan melalui mata pelajaran, melalui kegiatan ekstrakurikuler, melalui kegiatan-kegiatan sekolah, melalui muatan lokal, dan melalui buku atau bahan ajar. (2) Implementasi pendidikan kewirausahaan dalam membentuk sikap siswa di SMK GAGAS Wanareja adalah dengan menggunakan kurikulum 2013, model pembelajarannya menggunkan (discovery learning, inquiry learning,problem based learning,project based learning).(3)Hasil Implementasi Prndidikan Kewirausahaan di SMK GAGAS Wanareja sudah menunjukan hasil yang baik. Dimana siswa sudah menunjukan sikap seorang wirausaha, minat berwirausaha dan mampu memproduksi barang yang mempuanyai nilai jual.
PENGARUH TINGKAT EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI MA MA’ARIF NU CIMANGGU Puput Tri Agustine; Widya Pratiwi
HATTA : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 1 No 1 (2023): April
Publisher : STKIP MAJENANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62387/hatta.v1i1.9

Abstract

Potensi yang dimiliki peserta didik dapat ditinjau dari hasil belajarnya. Hasil belajar peserta didik cenderung berbeda-beda, hal ini disebabkan berbagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar, yang paling mempengaruhi dalam proses belajar siswa adalah faktor keluarga, karena keluarga yang berperan langsung dalam proses belajar dan cara belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Mengetahui tingkat ekonomi orang tua siswa kelas XI IPS di MA Ma’arif NU Cimanggu, 2) Mengetahui yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MA Ma’arif NU Cimanggu, 3) Mengetahui pengaruh antara tingkat ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MA Ma’arif NU Cimanggu. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah survey. Hasil penelitian menunjukan bahwa kategori kecenderungan variabel yang masuk kategori rendah sebanyak 3 responden atau sebesar 13 %, masuk kategori sedang sebanyak 20 responden atau sebesar 87 % dan tidak ada yang masuk kategori tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa tingkat ekonomi orangtua di MA Ma’Arif NU Cimanggu dalam kategori sedang. Dari 23 responden diketahui sebanyak 2 atau sebesar 8,7% siswa mendapatkan nilai dengan kategori amat baik, sebanyak 19 atau sebesar 82,6% siswa mendapatkan nilai dengan kategori baik, sebanyak 2 atau sebesar 8,7% siswa mendapatkan nilai dengan kategori cukup dan tidak ada siswa yang mendapat nilai dengan predikat kurang. Secara umum bisa peneliti simpulkan bahwa hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI MA Ma’arif NU Cimanggu adalah baik. Ada pengaruh antara tingkat ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan nilai signifikansi 0,003. Persamaan regresinya dapat ditulis : Y = 61,247 + 0,440X. Nilai R atau nilai korelasi antar variabel sebesar 0,593 atau 59,3%. Sedangkan nilai R Square 0,352 mengandung pengertian bahwa pengaruh tingkat ekonomi orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi di kelas XI MA Ma’arif NU Cimanggu sebesar 35,2%.
PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI BUSANA MUSLIM DI OUTLET RABBANI CILACAP Sri Wahyuni; Tri Almunawaroh
HATTA : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 1 No 1 (2023): April
Publisher : STKIP MAJENANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62387/hatta.v1i1.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana gambaran brand image produk rabbani di outlet rabbani Cilacap ? (2) Bagaimana gambaran minat beli busana muslim di outlet rabbani Cilacap ? (3) Bagaimana pengaruh brand image terhadap minat beli busana muslim pada konsumen rabbani di outlet Cilacap ?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantatif asosiatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner. Populasi pada penelitian ini berjumlah 300, dan diambil sampel 75 responden. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik convenience sampling, yaitu peneliti dalam teknik ini memilih partisipan dan menentukan responden. Validitas data diuji dengan metode Pearson Corelation, uji reliabilitas menggunakan metode Alpha Cronbach, uji normalitas menggunakan metode Kolmogorov-Sminorv, dan uji homogenitas menggunakan metode Homogenity of Variance. Sedangkan uji hipotesis dilakukan dengan regresi linear sederhana menggunakan uji t. Hasil penelitian : (1) Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa 75 responden terdapat sebagian besar menyatakan brand rabbani berkategori tinggi dengan persentase 82 %. (2) Berdasarkan hasil penelitian dari 75 responden sebagian besar berkategori tinggi dengan 77 % hal tersebut diartikan bahwa beberapa responden tersebut mempunyai minat beli yang tinggi. (3) Berdasrkan hasil penelitian menunjukan bahwa variabel brand image terhadap minat beli busana muslim di outlet rabbani Cilacap berpengaruh positif dan signifikan dengan diperolehnya Persamaan Y= 14,230 + 0,598X. Dan dengan koefisen korelasi sebesar 0,609 atau 60,9% , sedangkan nilai R squer 0,371 mengandung pengertian bahwa ada pengaruh variabel x (brand image) terhadap variabel Y( minat beli) sebesar 37,1% dengan kata lain 62, 9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH PRESTASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA (Survei pada Siswa SMK Diponogoro Majenang Kelas XI BDP2) Yoni; Dede Kurnia
HATTA : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 1 No 1 (2023): April
Publisher : STKIP MAJENANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62387/hatta.v1i1.12

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui pengaruh positif prestasi belajar terhadap minat berwirausaha siswa SMK kelas XI BDP 2. 2) Mengetahui pengaruh positif lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa SMK kelas XI BDP 2.3) Mengetahui pengaruh positif prestasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa SMK kelas XI BDP 2. Jenis penelitian yang akan dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan metode survey. Metode survey digunakan untuk mendapatkan data dari tempat tetentu yang alamiah (bukan butan), tetapi peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan data, misalnya dengn mengedarkan kuesioner, tes, wawancara terstruktur dan sebagainya (Sugiyono, 2017 : 12). Sedangkan pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS. Kesimpulan yang diperoleh : 1) Ada pengaruh antara prestasi belajar terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI BDP 2 di SMK Diponegoro Majenang sebesar 0,421 atau42,1%. 2) Ada pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI BDP 2 di SMK Diponegoro Majenang. sebesar 0,463 atau 46,3%. 3) Ada pengaruh secara bersama – sama atau secara simultan antara prestasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI BDP 2 di SMK Diponegoro Majenang. sebesar 44,7% dengan persamaan regresi Y = 35,483 + 0,165X1 + 0,588X2.
Pengendalian Biaya Tenaga Kerja dalam Organisasi Sektor Publik: Studi tentang Pengelolaan Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan Alternatif Outsourcing Ahmadi, Mirzam Arqy; Abdillah, M.Ilham Timur
HATTA : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 2 No 1 (2024): April
Publisher : STKIP MAJENANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62387/hatta.v2i1.13

Abstract

This article discusses the management of labor costs in the public sector with a focus on the management of non-permanent employees (PTT) and outsourcing alternatives. This research highlights problems in personnel management, especially employee expenditure costs that must be borne by government agencies. This study reviews cost control systems, labor costs, and methods for managing honorary staff costs in government. The findings show that outsourcing is more efficient than recruiting PTT or temporary workers as a solution to control labor costs. Additionally, this paper recommends Activity Based Costing (ABC) method for public sector organizations to provide valuable information related to detailed cost data. This research shows that decentralizing recruitment in local governments can improve efficiency, effectiveness and fairness, but can also lead to corruption and disparities in the distribution of human resources. Cost control, outsourcing, and the use of Activity-Based Costing (ABC) can help public sector organizations manage costs and increase operational efficiency. To achieve better governance, operational efficiency and effective cost control, public sector organizations need to consider the various strategies and methods described in this research.
The Influence of Human Capital and Labor Force Participation Levels on Indonesia's Economic Growth: Pengaruh Modal Manusia dan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Muhammad Azam Basyir Al Faruq
HATTA : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 2 No 1 (2024): April
Publisher : STKIP MAJENANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62387/hatta.v2i1.15

Abstract

Economic growth underscores the important role of the state in enhancing human resource development. An important part of production factors is human resources, especially in terms of quality. Labor productivity is increased through improving the quality of human capital through education and health. This study is to examine the effect of human capital and the level of labor force participation on Indonesia's economic growth. This study uses the panel data method from 34 provinces in Indonesia for the 2015-2019 period. The results of statistical tests show that the education variable has a positive effect on the dependent variable of economic growth, while the health variable and the labor force participation rate variable have no effect on economic growth
PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA YOS SUDARSO MAJENANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Nurfauzi, Yogi; Tri Almunawaroh; Kuntoro
HATTA : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 2 No 1 (2024): April
Publisher : STKIP MAJENANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62387/hatta.v2i1.16

Abstract

The objectives of this study are: 1) Knowing the influence of learning discipline on the learning outcomes of economics subjects of grade XI IPS students of SMA Yos Sudarso Majenang. 2) Knowing the influence of the learning environment on the learning outcomes of economics subjects of grade XI IPS students of SMA Yos Sudarso Majenang. 3) Knowing the influence of discipline and learning environment on the learning outcomes of economics subjects of grade XI IPS students of SMA Yos Sudarso Majenang. The data analysis technique used in this study are data instrument test, classic assumption test,multiple linear regression test and hypothesis test. Based on the results of the study: 1) there is an influence of learning discipline on the learning outcomes of economics subjects of grade XI IPS students of SMA Yos Sudarso Majenang. 2) there is an influence of learning environment on the learning outcomes of economics subjects of grade XI IPS students of SMA Yos Sudarso Majenang. 3) there is an influence of learning discipline and learning environment on the learning outcomes of economics subjects of grade XI IPS students of SMA Yos Sudarso Majenang is 67,4%

Page 1 of 3 | Total Record : 21