Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 5, No 2 (2019): Riksa Bahasa Vol. 5 No. 2 November 2019

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI BERBASIS JURNALISTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA

Rina Maulina Augustin (SPs UPI Pendidikan Bahasa Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengambangkan model pembelajaran multiliterasi berbasis jurnalistik dalam pembelajaran menulis teks berita. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Data penelitian akan diperoleh dari hasil kuesioner, wawancara, dokumen tugas siswa, materi pembelajaran teks berita. Kompetensi multiliterasi yang dikembangkan adalah kompetensi linguistik, literasi informasi, dan kreativitas. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, siswa diminta untuk membaca kritis, kreatif, kompetensi linguistik, visual, audiovisual, dan spasial. Kedua, siswa diminta untuk mempresentasikan hasil bacaannya tersebut lalu didiskusikan bersama teman-temannya. Ketiga, siswa diminta untuk membuat sebuah berita sesuai dengan fakta.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

RBSPs

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Riksa Bahasa merupakan jurnal yang mempublikasikan kumpulan artikel hasil penelitian-penelitian dan telaah di bidang bahasa, sastra, tradisi lisan dan pembelajarannya. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan ...