ISLAMIC PEDAGOGY: Journal of Islamic Education
Vol. 1 No. 1 (2023)

Pembaharuan Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional di Aceh (Studi Penelitian Pesantren Mudi Mesra Samalanga Kabupaten Bireuen - Aceh)

Mursyidi Mursyidi (Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Pembaharuan Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional di Aceh. Penulisan artikel ini dilatarbelakangi oleh keinginan dari penulis untuk mengetahui bagaimana eksistensi Pesantren   MUDI Mesjid Raya Samalanga di mana ketika zaman terus berubah dan sistem pendidikan saat ini terus berkembang dengan berbagai kurikulum baru dan metode pembelajaran juga ikut berkembang dan berbeda dengan model pembelajaran sebelumnya. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian dengan Mengkaji tentang: (1) Apa latar belakang terjadinya pembaharuan pendidikan di Pesantren   MUDI Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen Aceh Aceh. (2) Bagaimana bentuk pembaharuan pendidikan Pesantren   MUDI Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen Aceh Aceh. Jenis penelitian ini field research (lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa   latar belakang terjadi pembaharuan dalam bidang pendidikan Pesantren   MUDI Mesjid Raya (1) Untuk memenuhi dan mengikuti perkembangan IPTEK, (2) Sebagai bentuk keprihatinan Pimpinan Pesantren   terhadap eksistensi santrinya dimasa mendatang, (3) Belum adanya lembaga Pesantren   tradisional yang menyelenggarakan pendidikan secara komprehensif mulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMK dan Perguruan Tinggi. Sedangkan bentuk pembaharuan pendidikannya, dalam hal kurikulum yaitu telah dapat dijalankan dua sistem pendidikan formal dan non formal dengan baik dan harmonis tanpa terjadi gesekan dan benturan. Dan begitu juga dengan penerapan kurikulum, sumber belajar tidak tergantung kepada satu figur Guru, tetapi juga sumber-sumber lainnya sebagai akibat semakin intensifnya interaksi dengan dunia luar seperti kitab-kitab keagamaan kontemporer, media massa/elektronik dan lain-lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IslamicPedagogy

Publisher

Subject

Education

Description

ISLAMIC PEDAGOGY: Journal of Islamic Education merupakan jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Ummul Ayman Pidie Jaya. Fokus jurnal ini menerbitkan berbagai artikel penelitian dan kajian literatur tentang keilmuan dan kemajuan pendidikan Islam, baik pendidikan ...