JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi
Vol. 1 No. 3 (2024): January

Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Konsumen Terhadap Kepuasan Layanan

Naziatul Khasanah (Universitas Bina Sarana Informatika)
Nurvi Oktiani (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2024

Abstract

Kepuasan layanan merupakan salah satu hal utama yang perlu diwujudkan oleh perusahaan atau instansi. Kepuasan layanan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kualitas pelayanan dan nilai konsumen. Puskesmas Marga Jaya Bekasi Selatan perlu mencapai kepuasan layanan untuk bisa menarik masyarakat agar bersedia menggunakan jasa pelayanan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan secara simutan dan parsial anatara Kualitas Pelayanan dan Nilai Konsumen terhadap Kepuasan Layanan puskesmas Marga Jaya Bekasi Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat umum yang menggunakan jasa puskesmas Marga Jaya Bekasi Selatan. Penentuan sampel menggunakan metode random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 260 responden. Metode pengambilan data penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden. Sedangkan untuk analisis data menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan dan nilai konsumen secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan layanan. Pada uji koefisien determinasi dihasilkan nilai R square sebesar 0,760 yang artinya pengaruh variabel kualitas layanan dan nilai konsumen terhadap kepuasan layanan adalah sebesar 76% sedangkan sisanya yaitu 34% dipengaruhi oleh variabel lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIBEMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi is a peer-reviewed journal. JIBEMA invites academics and researchers who do original research in the fields of business, economics, management, accounting, taxes including but not limited to: Taxation Science Corporate Tax Individual Tax ...