Joong-Ki
Vol. 1 No. 3: September 2022

Penerapan Media Sosial dan Digital Sebagai Sarana E-Marketing Sekolah PAUD Ungul Rejo

Norma Diana Fitri (STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya)
Subaidah Subaidah (STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya)
Indaria Tri Hariyani (STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan baik guru maupun tenaga kependidikan dapat melakukan kegiatan berbasis e-marketing yang diunggah dalam media sosial milik sekolah. Jadi marketing yang sebenarnya bukan dilakukan ketika mau dibukanya tahun ajaran baru namun berkelanjutan dan sifatnya kegiatan pendidik bersama peserta didik kemudian diunggah dalam media sosial. Tahapan Metode Penelitian yang digunakan kombinasi (Mixed Research) dengan mengadopsi model Kemmis dan Mc Taggart . Adapun tahapan-tahapan dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ada 5 tahapan yaitu: identifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanakan tindakan, observasi dan refleksi. Observasi dilakukan dengan dua cara, yaitu pengamatan dan test. Berdasarkan hasil yang sudah diperoleh data kreativitas pendidik dalam menggunakan media sosial digital dengan skor rata-rata sebesar 78,40. Perolehan skor tersebut dikriteriakan amat baik. Setelah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, peneliti merefeleksi kegiatan yang telah dilaksanakan. Secara keseluruahn peneliti telah melaksanakan kegiatan dengan baik namun pendidik perlu menjadwalkan sendiri untuk disiplin mengupload pada sosial media.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Joong-Ki

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Ruang lingkup Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat yakni dari berbagai hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya ekonomi, pendidikan, teknik, pertanian, sosial dan kesehatan dan bidang lainnya ...