BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Biologi dan Konservasi

Aplikasi Limbah Cair Tahu pada Budidaya Tomat Cherry (Lycopersicum cerasiforme Mill.)

Evi Hanizar (Universitas PGRI Argopuro Jember)
Fatimatuz Zuhro (Universitas PGRI Argopuro Jember)
Winda Safitri Eka Apriandani (Universitas PGRI Argopuro Jember)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Limbah cair tahu dapat menyebabkan pencemaran lingkungan yang dapat dicegah dengan memanfaatkannya menjadi Pupuk Organik Cair (POC) untuk tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian POC limbah cair tahu terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman tomat cherry (Lycopersicum cerasiforme Mill.). Jenis penelitian berupa eksperimental yang menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Perlakuan konsentrasi POC limbah cair tahu yang digunakan adalah 0%, 20%, 40%, dan 60%. Parameter pengamatan dalam penelitian ini, antara lain:  tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, usia berbunga, jumlah buah, dan berat buah. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Anova dan uji lanjut Duncan dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi POC Limbah tahu berpengaruh nyata terhadap parameter pengamatan, dengan nilai signifikansi sebesar 0.000. Hasil uji lanjut Duncan menunjukkan bahwa nilai tertinggi terdapat pada aplikasi konsentarsi POC 60% dengan hasil tertinggi berturut-turut yaitu tinggi tanaman (115.83 d), jumlah daun (459.17 d), diameter batang (1.89 d), umur berbunga (21.33 a), jumlah buah (27.33 d), dan berat buah (454.17d).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

biocons

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Energy

Description

BIO-CONS : Jurnal Biologi dan Konservasi, receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the field of biology and conservation education, also utilization of biological research in learning. Moreover, this journal bridges the gap between research and practice, ...