Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Segugus III Kec. Bajo Kab. Luwu (2) deskripsi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Segugus III Kec. Bajo Kab. Luwu (3) pengaruh motivasi belajar IPA di kelas IV SDN Segugus III Kec. Bajo Kab. Luwu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan Data menggunakan Tes (Soal Pilihan Ganda), dan Non tes (Angket). Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 71 orang. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistic deskriptif dan inferensial. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat motivasi belajar yang sangat mempengaruhi hasil belajar IPA di kelas IV SDN Segugus III Kec. Bajo Kab. Luwu dibuktikan dari hasil analisis data yaitu motivasi belajar selalu diyakini memberikan pengaruh positif kepada para siswa tetapi tidak signifikant. Dari hasil pengolahan data diperoleh persamaan regresi sederhana yaitu: Y=864 + 7,399=X, dimana variabel hasil belajar adalah sebesar 864 dan kenaikan hasil belajar sebesar 1021 serta nilai dari signifikansi<0.05 (0.00<0.05). Oleh karena itu motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA di SDN Segugus III Kec. Bajo Kab. Luwu.
Copyrights © 2021