cover
Contact Name
Andi Mulawakkan Firdaus
Contact Email
andi.mulawakkan@gmail.com
Phone
+6285255901665
Journal Mail Official
almeera.education@gmail.com
Editorial Address
BTN Tamarunang Indah 2 Blok D2/8 Gowa.
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Published by Almeera Education
ISSN : 29631165     EISSN : 28087844     DOI : 10.62388
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPdP) adalah jurnal nasional, akses terbuka, multidisiplin, double-blind peer-review yang diterbitkan secara online dua kali dalam setahun (Juni & Desember). JPDP menyajikan artikel-artikel yang berhubungan dengan penelitian terbaru tentang pendidikan guru, perkembangan anak, psikologi pembelajaran, inklusi, pendidikan khusus, strategi dan inovasi pengajaran, serta penilaian pendidikan yang semuanya berkaitan dengan pendidikan dan pembelajaran.
Articles 42 Documents
Improving Mathematical Connection Ability Through Discovery Link Map Retno Marsitin; Nyamik Rahayu Sesanti
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021): Januari - Juni 2021
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/jpdp.v1i1.2

Abstract

This study aims to analyze the improvement of students' mathematical connection skills through the application of discovery link maps. This research is a quantitative descriptive study. Research with integral material. Data collection includes observations, questionnaires, and tests which are then analyzed descriptively. The results showed that the implementation of discovery link map learning can improve students' mathematical connection abilities. Students' connection skills in remembering mathematical concepts and linking mathematical concepts better through discovery link maps
Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas VII SMP Nirfayanti Nirfayanti
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021): Januari - Juni 2021
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/jpdp.v1i1.4

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah apakah pembelajaran matematika efektif melalui model kooperatiftipe jigsaw pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen. Adapun objek dari penelitian ini yaitu siswa kels VII SMP Negeri 8 Makassar. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu “one-group pretest-posttes”. Penelitian ini terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap persiapan dan pelaksanaan. Hasil dari penelitin ini yaitu, secara umum skor rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VIIF sebelum diberikan perlakuan berada pada kategori sangat rendah yaitu 40,03. Selain itu dapat dilihat dari perolehan persentase nilai pada kategori sangat rendah sebesar 100 % dari skor 30 siswa yang berarti seluruh siswa berada pada kategori sangat rendah. Sedangkan siswa pada kategori rendah, sedang, tinggi dan sangat tinggi 0 %. hasil belajar siswan kelas VIIF setelah diterapkan model kooperatif tipe jigsaw sudah memenuhi indikator ketuntasan hasil belajar klasikal.
Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP Dewi Sartika
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021): Januari - Juni 2021
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/jpdp.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Bulukumba melalui pengimplementasian pembelajaran problem solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini akan dilaksanakan pada kelas VIII SMP Negeri 15 Bulukumba Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Adapun Subjek penelitian ini adalah 45 siswa kelas VIII yang terdiri atas 19 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Prosedur penelitian ini diawali dengan pengembangan perangkat yang meliputi fase penyusunan draft, validasi, dan revisi. Berdasarkan hasil penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Bulukumba mencapai indikator keberhasilan sebanyak 43 orang atau 95,56% siswa telah tuntas belajar matematika dan sebanyak 2 orang atau 4,44% siswa belum tuntas belajar matematika. Selain itu, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga mencapai indikator keberhasilan yaitu secara keseluruhan terdapat 77,78% pada siklus I meningkat menjadi 88,33% pada siklus II dan keterlaksanaan pembelajaran meningkat pada kategori yang sama yaitu dalam kategori baik.
Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Video Presentasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia A. Andriyani Asra; Andi Alfina Listya Ningrum
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021): Januari - Juni 2021
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/jpdp.v1i1.6

Abstract

Kegiatan pembelajaran tidak luput dari kesalahan berbahasa.Oleh karena itu, menarik jika presentasi makalah yang dilakukan mahasiswa dianalisis kesalahan berbahasanya sebagai umpan balik perbaikan dalam pengajaran bahasa.Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam video presentasi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Bulukumba.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Objek penelitian adalah video presentasi mata kuliah Sintaksis yang berjumlah dua belas video. Pengumpulan data melalui teknik simak dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa mencakup kesalahan ejaan dan tanda baca, dan kesalahan tataran linguistik.
Peningkatan kemampuan membaca pemahaman murid melalui penerapan model SQ3R (Survey Question Reading Recite Review) Kelas IV SD Andi Karman; Sehe Sehe
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021): Januari - Juni 2021
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/jpdp.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman murid melalui model SQ3R di Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan rencana Penelitian Tindakan Kelas (Action Research), yaitu rancangan penelitian berdaur ulang (siklus). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengikuti proses siklus atau daur ulang mulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi (perenungan, pemikiran, dan evaluasi). Metode pengumpulan data adalah observasi. Tes, dan Dokumentasi. Tes yang dilakukan berupa pemberian soal tes formatif dengan tujuan untuk mengukur kemampuan dan pemahaman murid terhadap materi yang dipelajari, sehingga dengan adanya tes tersebut kemapuan membaca pemahaman murid dengan model SQ3R dapat diketahui meningkat atau tidak. Analisis data dilakukan dengan cara mengelompokkan data aspek guru dan aspek murid. Teknik yang dilakukan adalah teknik analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (Iskandar 2008: 255) yang terdiri dari 3 tahap kegiatan yaitu: “(1) Mereduksi data; (2) Menyajikan data; (3) Menarik kesimpulan dan verifikasi”. Adapun hasil penelitian ini yaitu penerapan strategi SQ3R dalam membaca pemahaman pada murid Kelas IV SD memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman murid.
Peningkatan Pelayanan Administrasi Pendidikan melalui Inovasi Manajemen Budaya Organisasi Syaripa Aeni
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): July - December 2021
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/jpdp.v1i2.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perencanaan budaya organisasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMK Negeri 1 Bone, (2) memaparkan pelaksanaan budaya organisasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMK Negeri 1 Bone, (3) mendeskripsikan evaluasi budaya organisasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMK Negeri 1 Bone. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data, penulis menggunakan Data Reduction (reduksi data), data Display (penyajian data), dan Data Conclusion Drawing/verification (penarikan kesimpulan). Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan budaya organisasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMK Negeri 1 Bone mengacu pada program pengembangan sekolah, (2) Pelaksanaan budaya organisasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMK Negeri 1 Bone sudah melaksanakan beberapa kegiatan untuk menunjang program kerja yang sesuai dengan harapan sekolah, dan (3) Evaluasi budaya organisasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan di SMK Negeri 1 Bone ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan penentuan focus evaluasi, penyusunan desain evaluasi, pengimpulan informasi, analisis dan Interpretasi.
Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Fisika Siswa SMA Nirwana Nirwana; Dewi Sartika; Arie Arma Arsyad
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): July - December 2021
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/jpdp.v1i2.9

Abstract

The aims of the research was to find out the level of students analytical thinking skills in physics before and after the applied Problem Based Learning (PBL) model. The research were used pre-experimental with a one-group pretest-posttest design. The sample studied was 23 students of class X MIPA SMA Negeri 1 Pamboang who were selected by purposive sampling technique. The data collection instrument was in the form of an essay test to measure students' analytical thinking skills before and after treatment. Data were analyzed using descriptive and inferential analysis. The average value of pretest was 27,13, while the average value of pottest was 47,34. The price of ttable = 2,073 while tcount = 3,6213. It means that there is a significant increase before and after the implementation of the Problem Based Learning (PBL) learning model.
Determinasi Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Etos Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Asdar Asdar
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): July - December 2021
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/jpdp.v1i2.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinasi kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, etos kerja guru, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri 2 Bone. Penelitian ini menggunakan desain "ex post facto". Populasi dan sampel penelitian ini adalah semua guru di SMK Negeri 2 Bone, yang berjumlah 60 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner menggunakan skala Likert 1-5. Setelah data dikumpulkan, kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana, korelasi parsial dan regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat determinasi yang tidak signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 1,86%. (2) terdapat determinasi yang signifikan budaya organisasi terhadap kinerja guru dengan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 11,31%. (3) terdapat determinasi yang tidak signifikan etos kerja guru terhadap kinerja guru dengan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 2,50%. (4) terdapat determinasi yang tidak signifikan motivasi kerja dan kinerja guru dengan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 1,49%,(5) secara bersama-sama terdapat determinasi yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, etos kerja guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan determinasi 17,20%. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat determinasi yang positf dan signifikan dari budaya organisasi terhadap kinerja guru di SMK Negeri 2 Bone. Budaya organisasi yang terbentuk memberikan determinasi yang paling besar. Hal ini berarti budaya organisasi merupakan prediktor yang paling dominan dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Negeri 2 Bone.
Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Segugus III Bajo Kabupaten Luwu Catur Poja Ratna Wulandari; Sunardin Sunardin; Nurasia Nurasia
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): July - December 2021
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/jpdp.v1i2.13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Segugus III Kec. Bajo Kab. Luwu (2) deskripsi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Segugus III Kec. Bajo Kab. Luwu (3) pengaruh motivasi belajar IPA di kelas IV SDN Segugus III Kec. Bajo Kab. Luwu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan Data menggunakan Tes (Soal Pilihan Ganda), dan Non tes (Angket). Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 71 orang. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistic deskriptif dan inferensial. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat motivasi belajar yang sangat mempengaruhi hasil belajar IPA di kelas IV SDN Segugus III Kec. Bajo Kab. Luwu dibuktikan dari hasil analisis data yaitu motivasi belajar selalu diyakini memberikan pengaruh positif kepada para siswa tetapi tidak signifikant. Dari hasil pengolahan data diperoleh persamaan regresi sederhana yaitu: Y=864 + 7,399=X, dimana variabel hasil belajar adalah sebesar 864 dan kenaikan hasil belajar sebesar 1021 serta nilai dari signifikansi<0.05 (0.00<0.05). Oleh karena itu motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA di SDN Segugus III Kec. Bajo Kab. Luwu.
Organizational Culture Perspective on the Quality of Educational Administration Services Anita Syam; Mashuri Mashuri
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 2 (2021): July - December 2021
Publisher : Almeera Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62388/jpdp.v1i2.14

Abstract

The quality of educational administration services is one of the problems that is often perceived as a contributor to the weak quality of education. The service process is too convoluted, the turnaround time is long to the poor service of the administrator. And the focus of improving the quality of administrative services is usually only on improving the quality of administrators as the spearhead of the performance of an educational administration service. The administrator as the executor of educational administration services is the result of the interaction of the upper, middle, and lower levels of management so that it cannot be separated from the influence of social interaction, work climate which is collected in the form of organizational culture. This study aims to provide an overview of the relationship between organizational culture and the quality of educational administration services using the Library Research method. The results of the analysis show that organizational culture provides intervention on the quality of educational administration services, so the results of this study provide the concept of improving the quality of administrative services not only from improving the quality of administrator resources but also from other elements in the organization.