Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENDORONG KEPERCAYAAN DIRI SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMP SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN

Irene Rideca Revalina Munthe (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Nurliani Siregar (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Bangun Bangun (Universitas HKBP Nommensen Medan)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Talking Stick untuk Mendorong Kepercayaan Diri Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas,dengan populasi penelitian yaitu siswa kelas VII-1 SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan berjumlah 19 orang. Dimana populasi ini diangkat menjadi sampel karena siswa kelas VII SMP Swasta GKPI Padang Bulan kurang dari 100 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah indikator. Hasil menunjukkan bahwa peserta didik yang sangat percaya diri sebanyak 10,53% atau 2 orang, peserta didik yang percaya diri sebanyak 10,53% atau 2 orang, peserta didik yang kurang percaya diri sebanyak 21,05 atau 4 orang, dan peserta didik yang tidak percaya diri sebanyak 57,89% atau 11 orang. Pada siklus I kepercayaan diri siswa sangat minim maka dilanjutkan kepada tahap siklus II. Dalam tahap siklus II kepercayaan diri siswa meningkat pada siklus II peserta didik yang sangat percaya diri sebanyak 21,05% atau 4 orang, peserta didik yang percaya diri sebanyak 36,84% atau 7 orang, peserta didik yang kurang percaya diri sebanyak 26,32% atau 5 orang dan peserta didik yang tidak percaya diri sebanyak 15,79%  atau 3 orang. Artinya penerapan metode talking stick dapat memberi pengaruh yang baik untuk mendorong kepercayaan diri siswa kelas VII di SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...