Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SIANTAR

Novita Karolina Bangun (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Junifer Siregar (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Immanuel D. B. Silitonga (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan menelaah struktur teks berita sebelum menggunakan media gambar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Siantar. (2) untuk mendeskripsikan kemampuan menelaah struktur teks berita sesudah menggunakan media gambar oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Siantar. (3) untuk mendeskripsikan media gambar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menelaah struktur teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Siantar. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah desain pra-eksperimen yaitu desain 1, desain pretest-posttest dengan satu kelompok (One Group Pretest-Posttest). Berdasarkan pengolahan data kemampuan menelaah struktur teks berita tes awal (pretest) dan akhir (posttest), bahwa adanya pengaruh media gambar dalam pembelajaran menelaah struktur teks berita siswa kelas VIII dengan sampel 30 siswa. Berikut hasil yang diperoleh thitung = 12,2 pada taraf signifikan 0,05 (tingkat kepercayaan 95%). Dengan df= 29 diperoleh ttabel = 1.69. Dengan demikian, HO ditolak maka Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada kemampun menelaah struktur teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Siantar menggunakan media gambar. Hasil dari penelitian kemampuan menelaah struktur teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Siantar sebelum menggunakan media pembelajaran yaitu media gambar memperoleh rata-rata 46,8 dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)= 70. Dari hasil tes menelaah struktur teks berita sebelum menggunakan media gambar, (1) Sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menelaah, (2) Kemampuan menelaah siswa masih rendah karena siswa jenuh dan mudah bosan karena kurangnya desain media pembelajaran, (3) Siswa kurang mampu menelaah materi pembelajaran Struktur teks berita. Setelah menggunakan media gambar siswa mendapat nilai rata-rata 78,2 pembelajaran berlangsung dengan baik sesudah menggunakan media gambar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...