Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA

Firman Tara (Universitas Batanghari Jambi)
Harbeng Masni (Universitas Batanghari Jambi)
Arif Rahim (Universitas Batanghari Jambi)
Erlina Zahar (Universitas Batanghari Jambi)
Ade Rahima (Universitas Batanghari Jambi)
Zuhri Saputra Hutabarat (Universitas Batanghari Jambi)
Lili Andriani (Universitas Batanghari Jambi)
Sujoko Sujoko (Universitas Batanghari Jambi)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung, mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita antara siswa berkemampuan awal tinggi yang diajar menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung, dan mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita antara siswa berkemampuan awal rendah yang diajar menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung; dan (4) mendeskripsikan interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kemampuan awal terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Jambi. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain eksperimen faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 24 yang terdiri atas 6 kelas. Sampel penelitian adalah kelas VIIIA untuk kelas eksperimen dengan jumlah 40 siswa dan kelas VIIIB untuk kelas kontrol dengan jumlah 38 siswa. Penetapan sampel yang ditentukan dengan teknik purposive sampling . Data kemampuan menulis teks berita siswa diperoleh menggunakan tes unjuk kerja dan dianalisis menggunakan uji Anava dua arah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD mempengaruhi kemampuan menulis teks berita siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...