Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LONG SERVICE FOREHAND BULUTANGKIS MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 52 MAKASSAR

Benny Badaru (Universitas Negeri Makassar)
Suwardi Suwardi (Universitas Negeri Makassar)
M. Adam Mappaompo (Universitas Negeri Makassar)
Muh, Adnan Hudain (Universitas Negeri Makassar)
Andi Siti Nurhalizah Asdar (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 kali siklus yaitu siklus I dan siklus II sebagai siklus lanjutan untuk perbaikan hasil siklus sebelumnya. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 52 Makassar dengan jumlah 33 orang dengan siswa putra 18 siswa dan siswa putri 15 siswa. Penilaian dalam penelitian ini mencakup 3 ranah antara lain: Kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian diperoleh melalui observasi atau pengamatan yang dilakukan peneliti pada setiap siklus. Pada siklus I menunjukan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 52 Makassar dengan kategori 26 orang siswa tuntas dengan presentasi hasil 79% sedangkan pada siklus II siswa kelas VIII dengan kategori 33 orang siswa tuntas dengan presentasi hasil 100%. Oleh sebab itu, penelitian dengan menggunakan metode dril pada materi long service forehand pembelajaran bulutangkis dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan passing atas siswa kelas VIII SMP Negeri 52 Makassar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...