Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): In-Progress Volume 7 No 1 Tahun 2024

DAMPAK PENGGUNAAN PEMBELAJARAN BERBASIS GAME TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR

Baso Intang Sappaile (Universitas Negeri Makassar)
Laila Mahmudah (UPTD SDN 2 Padang Luas, Kurau)
Rudy Max Damara Gugat (Institut Transportasi dan Logistik Trisakti)
Baiq Fina Farlina (STIKes Hamzar)
Ahmad Shofi Mubarok (Universitas Selamat Sri)
Budi Mardikawati (Politeknik Transportasi Darat Bali)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan pembelajaran berbasis game terhadap motivasi dan prestasi belajar mahasiswa. Metode studi literatur digunakan untuk menyelidiki literatur-literatur terkait dari berbagai sumber akademis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis game mampu meningkatkan motivasi intrinsik mahasiswa melalui unsur-unsur permainan seperti tantangan dan reward. Selain itu, prestasi belajar mahasiswa juga mengalami peningkatan karena adanya adaptasi tingkat kesulitan dalam permainan sesuai dengan kemampuan individu. Meskipun terdapat tantangan implementasi seperti biaya dan pelatihan guru, penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis game memiliki potensi besar sebagai strategi pembelajaran inovatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...