Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas II SDI Waioti. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis One-Group Pre-Test-Post-Test Design. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas II SDI Waioti Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 20 orang terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, pengamatan (observasi). Dengan instrumen penelitian berupa soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data uji hipotesis menggunakan paired t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai pre-test 67,5 sedangkan nilai rata-rata post-test 81,00. Dengan menggunakan uji-t didapat t hitung sebesar 11,006 serta nilai t tabel sebesar 2,093. Selanjutnya karena t hitung > t tabel sehingga hipotesis alternatif yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa diterima dan hipotesis nihil yaitu tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa ditolak. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas II SDI Waioti.
Copyrights © 2024