Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): In-Progress Volume 7 No 1 Tahun 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIKSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN FUTSAL SISWA SMK NEGERI 3 MAKASSAR

Akbar Yusuf (STKIP YPUP Makassar)
Ikadarny Ikadarny (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

SMK Negeri 3 Makassar merupakan salah satu sekolah yang ada di kota makassar dimana pada saat belajar salahsatu teknik dasar dalam bermain futsal yaitu teknik dasar passing dengan hasil belajarnya masih tergolong dibawah rata-rata. Sehingga pada saat melakukan passing masih ada yang tidak menemui sasaran yang di inginkan sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan passing cabang olahraga Futsal SMK Negeri 3 Makassar. Populasi dari penelitian ini menggunakan teknik total sampling yang berjumlah 25 orang Siswa. Jenis penelitian ini menggunakan design One-group Pretest- posttest Design. Di Awal (pretest) dan akhir (posttest) perlakuan. Jenis penelitian ini menggunakan. Berdasarkan analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji-t menghasilkan atau diperoleh dengan nilai t-hitung 11,817 > ttabel 1,725 (nilai sig. 0,000 < ? 0,05), berarti ada pengaruh yang signifikan setelah di beri latihan push up. Untuk membuktikan peningkatan kemampuan shooting dibuktikan dengan nilai rata-rata 2,560 atau dengan kata lain hasil uji t diperoleh t-hitung lebih besar dari t-tabel pada taraf signifikan ? 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (X) terhadap Kemampuan Passing (Y) Siswa SMK Negeri 3 Makassar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...