Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk Modul Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar yang layak digunakan dalam membantu kegiatan proses belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (RnD) dengan mengadaptasi model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Sumber penelitian ini adalah 30 perserta didik dan 3 orang validator ahli yang terdiri atas 1 orang ahli desain, ahli bahasa dan ahli materi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian validitas produk Modul Project Based Learning (PjBL) memperoleh kategori “Sangat Valid”. Yaitu pada aspek desain memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,67, pada aspek bahasa memperoleh nilai rata-rata 4,68, pada aspek materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,65 pada kegiatan uji coba, aspek kepraktisan produk Modul Project Based Learning (PjBL) memperoleh kriteria “Sangat Praktis” dengan nilai rata-rata 4,69 pada kegiatan uji coba.
Copyrights © 2024