Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 09 PONTIANAK TENGGARA

Ego Rikado (Universitas Tanjungpura)
Siti Halidjah (Universitas Tanjungpura)
Rio Pranata (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk Modul Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar yang layak digunakan dalam membantu kegiatan proses belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (RnD) dengan mengadaptasi model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Sumber penelitian ini adalah 30 perserta didik dan 3 orang validator ahli yang terdiri atas 1 orang ahli desain, ahli bahasa dan ahli materi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian validitas produk Modul Project Based Learning (PjBL) memperoleh kategori “Sangat Valid”. Yaitu pada aspek desain memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,67, pada aspek bahasa memperoleh nilai rata-rata 4,68, pada aspek materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,65 pada kegiatan uji coba, aspek kepraktisan produk Modul Project Based Learning (PjBL) memperoleh kriteria “Sangat Praktis” dengan nilai rata-rata 4,69 pada kegiatan uji coba.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...