Penelitian ini dilakukan karena menyebarnya covid-19 yang menimpa Indonesia dari tahun 2019 sampai tahun 2022. Adanya himbauan untuk belajar di rumah inilah yang mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan menurunnya hasil belajar siswa. Pemerintah menerbitkan peraturan baru untuk melaksanakan pembelajaran di rumah siswa masing-masing. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi penyebab menurunnya hasil belajar siswa SD Duyung dalam pembelajaran PJOK jarak jauh. Subjek penelitian ini berjumlah 46. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa identifikasi penyebab menurunnya hasil belajar jika dilihat dari frekuensi dan persentase tiap kategori, maka indikator media pembelajaran yaitu dominan pada kategori cukup tinggi, indikator minat dominan pada kategori cukup tinggi, indikator minat belajar dominan pada kategori tinggi, dan indikator sarana dan prasarana lebih banyak di kategori cukup tinggi. Dari beberapa indikator terdapat dua faktor utama yang menjadi penyebab yaitu faktor internal disebabkan dari kurangnya motivasi dan malas menlakukan praktik dirumah sendiri. Faktor eksternal disebabkan oleh siswa yang tidak memiliki smartphone dan kuota. Dengan adanya hasil dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menjadi penyebab menurunnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PJOK jarak jauh.
Copyrights © 2023