Omega: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Fisika
Vol 1 No 1 (2022): Omega: Jurnal Pendidikan dan Sains Fisika (Juli 2022)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIA SMAN 1 SATARMESE

Mariani Akhfar (Universitas Pancasakti)
Pertiwi Pertiwi (Unknown)
Maria Paramita Nimung (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttes Only Control Design.Populasipenelitian seluruh siswa kelas X MIASMAN 1 Satarmese berjumlah 90 orang. Jumlah tersebut di bagi atas 3 kelas satu kelas terdiri dari 30 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pembelajaran Kinematika Gerak Lurus siswa kelas X MIA 1 SMAN 1 Satarmese dengan menggunakan Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) dikategorikan memadai. Hal ini di lihat dari rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran predict Observe Explain (POE) atau nilai kelas eksperimen yaitu 75,5 lebih besar dari rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu 55, dan hasil hipotesis menggunakaan uji independent sampel t-test dengan nilai 3,700 2,048.Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menerapkan model pembelajaran POE pada siswa kelas X MIA SMAN 1 Satarmese. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran POE pada siswa kelas X MIA SMAN 1 Satarmese. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA SMAN 1 Satarmese. Sesuai dengan hasil penelitian ini di ajukan saran supaya guru khususnya guru fisika kelas X MIA 1 SMAN 1 Satarmese agar menerapkan atau menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dalam pembelajaran fisika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

approach

Publisher

Subject

Physics Other

Description

OMEGA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Fisika merupakan jurnal elektronik dan cetak yang mempublikasikan artikel kajian ilmiah baik dalam bidang pendidikan dan pembelajaran fisika pada berbagai jenjang maupun dalam bidang kajian sains fisika. Artikel yang dipublikasi dalam OMEGA: Jurnal Ilmu ...