Omega: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Fisika
Vol 1 No 1 (2022): Omega: Jurnal Pendidikan dan Sains Fisika (Juli 2022)

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI IPA2 SMA MAKASSAR RAYA

Nurhikmah Hasan (Universitas Pancasakti Makassar)
Pertiwi Pertiwi (Unknown)
Rosalia Mistika (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2022

Abstract

Pengaruh media pembelajaran E-learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Makassar Raya. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui besarnya hasil fisika sebelum diajarkan menggunakan Media pembelajaran E-learning. (2) Untuk mengetahui besarnya hasil belajar fisika yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran e-learning. (3)Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar fisika siswa setelah menggunakan media pembelajaran e-learning. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One – Group Pretest-Posttest Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Makassar Raya yang berjumlah 60 orang. Dengan cara teknik random sampling dengan Random Kelas terpilih kelas XI IPA 2 sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan, yaitu observasi, tes, dan RPP. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes dan observasi. Data yang diperoleh dengan cara dianalisis secara statistika deskriptif dan uji paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pembelajaran gerak harmonik sederhana siswa kelas XI IPA2 SMA MAKASSAR RAYA dengan menggunakan media pembelajaran E-learning di kategorikan tinggi. Hal ini dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa setelah yaitu 80,0 lebih besar dengan rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan media e-learning yaitu 64,93 dan hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test dengan nilai 5,363 2,045. Sesuai dengan hasil uji hipotesis diatas maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajran e-learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA2 SMA Makassar Raya. Maka dengan ini hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran agar guru menggunakan media pembelajaran e-learning dalam pembelajaran fisika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

approach

Publisher

Subject

Physics Other

Description

OMEGA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Fisika merupakan jurnal elektronik dan cetak yang mempublikasikan artikel kajian ilmiah baik dalam bidang pendidikan dan pembelajaran fisika pada berbagai jenjang maupun dalam bidang kajian sains fisika. Artikel yang dipublikasi dalam OMEGA: Jurnal Ilmu ...