Jurnal Multidisiplin Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Multidisiplin Indonesia

Problematika Orang Tua dalam Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Anak Kelas 1 di SD Kristen Kalam Kudus Sentani Kab Jayapura

Deysi Olvie Mulder (Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani, Papua)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2023

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa terdapat problem yang dialami orang tua selama mendampingi anak belajar dari rumah pada masa covid19. Di karenakan problem yang ada makan orang tua juga memiliki upaya untuk mengatasi problematika tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian pada penelitian ini yakni orang tua, peserta didik, dan salah satu guru di sekolah kalam kudus sentani. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data dengan mengumpulkan seluruh data untuk ditelaah, meeduksi data, menyajikan data kemudian ditarik kesimpulan dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian: (1) Problematika orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah yaitu orang tua yang kurang bisa membimbing dan memahami materi secara penuh, sehingga tidak bisa maksimal dalam mengajari anak, tidak adanya handphone, kesulitan dalam menjangkau akses internet kesulitan mengoprasikan gadget, dan orang tua tidak memiliki cukup waktu untuk membimbing anak belajar dari rumah. (2) Upaya orang tua dalam mengatasi problem dalam mendampingi anak belajar dari rumah yaitu orang tua memberikan motivasi kepada anak, memberikan cara atau trik yang menarik buat belajar anak

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

rp

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Veterinary

Description

Journal Multidisiplin Indonesia is an national /scientific journal, double-blind peer-reviewed, open acces journal published monthly by CV Riviera Publishing. Journal Multidisiplin Indonesia provides a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the focus and scope of the ...