Journal of Religious Policy
Vol. 1 No. 2 (2022): Juli-Desember 2022

ORIENTASI IDEAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DISRUPTIF

Yazid Hadi (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta-Indonesia)
Afif Faizin (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta-Indonesia)
Abdul Aziz (Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Iman Bogor-Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendorong lahirnya sebuah proses manajemen pendidikan agama dan keagamaan pada Lembaga Pendidikan Islam yang mempunyai kualitas mutu yang baik dan ideal pada era disrupsi dan relevan dengan perkembangan zaman. Metode yang digunakan metode kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka (Library Research) untuk menggali data terkait pengelolaan mutu pendidikan Islam di era disruptif. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga tantangan utama yang kini dihadapi oleh pendidikan Islam, yaitu kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), demokratisasi, dan dekadensi moral. Ketiga tantangan tersebut membawa pengaruh besar dalam semua bidang kehidupan manusia, termasuk bidang pendidikan. Perkembangan dan kemajuan iptek prinsipnya berpotensi melemahkan daya mental spiritual. selanjutnya menghadapi tantangan modernitas, pendidikan Islam harus melakukan langkah strategis dengan terlebih dahulu membangun paradigma keilmuan yang integratif sebagai jawaban terhadap dikotomi ilmu. Dengan ini diharapkan penerapan manajemen mutu pendidikan Islam mampu menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing dalam menghadapi kompetisi global.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

repo

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Journal of Religious Policy published by the Office of Religious Research and Development Jakarta, Research and Development Agency, Religious Education and Training, Ministry of Religion of the Republic of Indonesia. The Journal of Religious Policy or REPO publishes research articles that focus on ...