Kinerja guru merupakan komponen penting dalam peningkatan kualitas pendidikan, yang nantinya akan berdampak pada kualitas sumber daya manusia. Kinerja seorang guru bukan hanya berpengaruh terhadap proses pembelajaran di dalam kelas tetapi juga akan mempengaruhi kualitas dari lulusan sekolah yang muaranya terhadap penentuan masa depan sebuah bangsa. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Humbang Hasundutan; 2) untuk mengetahui hubungan peran tim kerja guru dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Humbang Hasundutan. Rumusan masalah yang diajukan adalah 1) seberapa besar hubungan kepemimpinan kepala sekolah secara parsial dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Humbang Hasundutan; 2) seberapa besar hubungan peran tim kerja guru secara parsial dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Humbang Hasundutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan statistik inferensial. Populasi adalah seluruh guru SMA Negeri di Kabupaten Humbang Hasundutan yaitu sebanyak 457 orang dan ditentukan sampel sebanyak 82 orang. Data dikumpulkan dengan angket yang dibuat dalam google form ditujukan kepada responden sebanyak 60 item. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Uji hubungan antara variabel kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru menggunakan Chi square menunjukkan nilai signifikan 0,029 < 0,05; dan 2) Uji hubungan antara variabel Peran Tim Kerja Guru dengan kinerja guru menggunakan Chi square menunjukkan nilai signifikan 0,028 < 0,05. Dengan demikian H0 diterima dan Ha ditolak yaitu 1) terdapat hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Humbang Hasundutan; dan 2) terdapat hubungan peran tim kerja guru dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Humbang Hasundutan.
Copyrights © 2023