Penelitian ini tertujuan mengetahui pengaruh reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 51 Seluma, yang terdiri dari dua kelas. Peneliti mengambil kelas IV A dan IV B untuk dijadikan sampel yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan 30 orang sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen (Quasi Experimental Design) dengan pendekatan Nonequivalent-Only Group Disigns. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, Observasi, Dokumetasi, Angket. Setelah kemampuan pretest diperoleh, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan reward. Berdasarkan hasil perhitungan uji âtâ yaitu > (20,71 > 2,04841) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan (Ho) dalam penelitian ini ditolak. Dari hasil nilai posttest yang diperoleh kelas IV A (Eksperimen) dengan nilai rata-rata 102,37/120 dan hasil posttest yang diperoleh kelas IV B (Kontrol) dengan nilai rata-rata 80,17/120 ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen nilai motivasi belajar Bahasa Indonesia lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian penulis membuat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh reward terdapat pengaruh terhadapat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN 51 Seluma
Copyrights © 2021