cover
Contact Name
Rojai Zhofir
Contact Email
rojaizho@gmail.com
Phone
+6285709037738
Journal Mail Official
j.pustakaindonesia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jaya Wijaya No.64, Dusun Besar, Kec. Singaran Pati, Kota Bengkulu, Bengkulu 38224
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
JPI
ISSN : 27211592     EISSN : 27211592     DOI : https://doi.org/10.62159/jpi.vXXX
Jurnal Pustaka Indonesia published Three times a year (April, Agustus and December ) as a medium of distributing scientific research in the field of language, literature , and the Indonesian language and literature education. Jurnal Pustaka Indonesia is published in collaboration between the Yayasan Darussalam Bengkulu and the Association of Indonesian Language and Literature Lecturer (ADOBSI).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 45 Documents
Kontribusi Pendidik Dalam Meningkatkan Keterampilan Dasar Membaca Siswa Kelas Rendah Di SD Orizsan Putra; Nurlaili Nurlaili; Ali Akbarjono
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v1i1.258

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam upaya meningkatkan keterampilan membaca dasar pada siswa kelas I SD Terpadu Islam. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dan pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis melakukan wawancara dengan berbagai narasumber, antara lain guru SD Al-Qiswah Sekolah Dasar Islam Terpadu dan siswa kelas I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sebagai penyelenggara, mediator, fasilitator, guru, pembimbing, motivasi, dan evaluator berperan penting dalam meningkatkan kemampuan membaca dasar siswa kelas I SD Islam Terpadu Al-Qiswah. Ada juga faktor pendukung bagi guru dalam upaya mengembangkan keterampilan membaca dasar siswa kelas I SD Islam Terpadu Al-Qiswah, seperti sarana, prasarana, keluarga, dan guru yang sering membiasakan siswa dengan kegiatan literasi membaca sebelum memulai. belajar setiap pagi, serta faktor penghambat yang dihadapi guru dalam upaya meningkatkan keterampilan. Bacaan dasar bagi siswa kelas I SD Al-Qiswah Terpadu Islam yaitu keluarga, siswa, dan lingkungan
Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SDN 51 Seluma Randi Randi
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v1i1.259

Abstract

Penelitian ini tertujuan mengetahui pengaruh reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 51 Seluma, yang terdiri dari dua kelas. Peneliti mengambil kelas IV A dan IV B untuk dijadikan sampel yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan 30 orang sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen (Quasi Experimental Design) dengan pendekatan Nonequivalent-Only Group Disigns. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, Observasi, Dokumetasi, Angket. Setelah kemampuan pretest diperoleh, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan reward. Berdasarkan hasil perhitungan uji “t” yaitu > (20,71 > 2,04841) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan (Ho) dalam penelitian ini ditolak. Dari hasil nilai posttest yang diperoleh kelas IV A (Eksperimen) dengan nilai rata-rata 102,37/120 dan hasil posttest yang diperoleh kelas IV B (Kontrol) dengan nilai rata-rata 80,17/120 ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen nilai motivasi belajar Bahasa Indonesia lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian penulis membuat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh reward terdapat pengaruh terhadapat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN 51 Seluma
Penerapan Model Pembelajaran Literasi Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SDIT Iqra 2 Wenny Aulia Sari
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v1i1.262

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran literasi pada pelajaran bahasa Indonesia serta apakah ada faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan model pembelajaran literasi dalam membaca dan menulis pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDIT IQRA 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kualitatif, penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif kualitatif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari prilaku orang-orang yang diamati. Subjek penelitian ini berjumlah 16 orang terdiri dari 1 orang Kepala Sekolah, 5 orang wali kelas dan 10 orang peserta didik kelas IV SDIT IQRA 2 Kota Bengkulu, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil data analisis menggunakan model analisis manurut Miles dan Huberman dari reduksi data, penyajian data , penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bagaimana penerapan model pembelajaran literasi di kelas IV SDIT IQRA 2 Kota Bengkulu dengan konsep penataan poster-poster, perpustakaan mini harus dihiasi dengan baik memanfaatkan sarana prasarana di sekolah agar dapat membantu penerapan model pembelajaran literasi. Dalam pelaksanaan guru memotivasi selalu berinteraksi, namun untuk melaksanakan konsep literasi antara menyimak, berbicara, membaca, menulis dan berpikir kritis belum dimaksimalkan. Faktor pendukung, penerapan model pembelajaran literasi didukung pihak Yayasan dan Kepala Sekolah, dengan dilengkapi sarana, prasarana dan adanya pelatihan guru di sekolah untuk menerapkan model pembelajaran literasi di kelas IV, sedangkan faktor penghambat, adanya beberapa masalah diantaranya dana, kurang kemauan serta keinginan terhadap peserta didik, kurangnya keaktifan, daya tangkap dan minat peserta didik untuk mengembangkan kemampuannya membaca menulis
Pengembangan Media Belajar Pop-Up Untuk Materi Dongeng Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Fitra Youpika
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v1i1.264

Abstract

Media Pembelajaran Buku bergambar pop-up adalah salah satu jenis bahan ajar yang menceritakan kisah Malin Kundang melalui grafik. Tujuan dari pembuatan media pembelajaran ini adalah untuk menciptakan media buku gambar Pop-Up, validitas media pembelajaran buku gambar Pop-Up, dan efektivitas media pembelajaran buku gambar Pop-Up. Bentuk penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) dengan teknik penelitian Borg and Gall seperti potensi dan isu, pengumpulan data, perancangan media, validasi desain, revisi desain, uji coba produk skala kecil, dan revisi produk kedua. Untuk mengetahui peningkatan pemahaman anak terhadap materi dongeng, penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test dengan kelompok yang sama. Sedangkan pendekatan analisis data meliputi data kualitatif dan kuantitatif dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil analisis data ditentukan bahwa produk baru yang dihasilkan layak untuk digunakan karena berada pada kategori “Sangat Baik”, dan tingkat efikasi produk terhadap pemahaman siswa berada pada kategori “Mampu”.
Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa SMP Dina Putri Juni Astuti
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v1i1.266

Abstract

Kemampuan menulis puisi pada siswa masih dirasakan sulit, karena miskin ide. Oleh karena itu perlu banyak faktor eksternal yang wajib dihadirkan pada diri siswa agar mampu terinspirasi untuk menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui progres keterampilan menulis puisi siswa SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 5 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan: (a) observasi, (b) analisis dokumen, (c) wawancara, (d) tes dan nontes. Prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan interpretasi, dan (d) analisis dan refleksi Sintaksis penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan yang terakhir adalah analisis dan refleksi. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Proses pembelajaran membaik apabila terjadi peningkatan: (a) jumlah siswa yang tertarik dan termotivasi selama kegiatan pembelajaran, (b) jumlah siswa yang aktif pada saat persepsi, dan (c) jumlah siswa yang aktif. aktif dan penuh perhatian saat mengikuti pelajaran. Sedangkan peningkatan jumlah siswa yang mencapai batas nilai pembelajaran menulis puisi menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, yaitu: Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Proses pembelajaran membaik apabila terjadi peningkatan: (a) jumlah siswa yang tertarik dan termotivasi selama kegiatan pembelajaran, (b) jumlah siswa yang aktif pada saat persepsi, dan (c) jumlah siswa yang aktif. aktif dan penuh perhatian saat mengikuti pelajaran. Sedangkan peningkatan jumlah siswa yang mencapai batas nilai pembelajaran menulis puisi menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, yaitu: (a) siklus I (15 siswa atau 50%), (b) siklus II (22 siswa atau 73,3%)
Perjuangan Tokoh Perempuan Dalam Novel Nayla Karya Djenar Mahesa Ayu Thereshya Novita Sari; Aryani Aryani
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v1i2.285

Abstract

Penelitian Sosiologi sastra merupakan penelitian yang berkaitan dengan urusan manusia dan masyarakat. Usaha manusia untuk menyelesaikan diri dan memperjuangkan hah-hak manusia di dalam masyarakat. Dan di dalam karya sastra kaum wanita untuk memperjuangkan hak-haknya yang erat berkaitan dengan konflik kelas ras, khususnya konflik gender pada tokoh utama dalam karya sastra, khususnya di dalam novel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk kekerasan, bentuk perjuangan dan bagaimana proses perjuangan tokoh utama Nayla dalam novel Nayla karya Djenar Mahesa Ayu. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis data berupa mengklasifikasikan data, menginterprestasikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu terdapat bentuk kekerasan, bentuk perjuangan dan proses perjuangan tokoh utama. Bentuk kekerasan yang terjadi dalam tokoh Nayla yaitu sebuah peniti yang menusuk vagina dan selangkangannya yang membuat tokoh Nayla harus tetap kuat dan bertahan. Selain itu terdapat juga dorongan kebutuhan dasar yang dialami tokoh Nayla yaitu harus tetap kuat. Bentuk perjuangan tokoh Nayla menggambarkan tentang keinginan Nayla untuk dapat bertemu dengan Ayahnya. Selain itu, terdapat pengambilan keputusan yang dibuat oleh tokoh Nayla. Selanjutnya proses perjuangan yang dialami tokoh Nayla baik dan buruknya perilaku Nayla di dalam keluarganya, perasaan bersalah yang di alami tokoh Nayla karena perilakunya, namun ia tetap berjuang dan kuat menjalani kekerasan sexs
Pengaruh Metode Critical Incident Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 58 Kota Bengkulu Denis Alhaktullah
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v1i2.287

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Critical Incident Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 58 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan eksperimenl. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, Kuesioner (angket), dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada April 2021. Lokasi penelitian ini akan dilakukan SD Negeri 58 Kota Bengkulu. jumlah populasi 131 siswa dan sampel yang diambil 26 siswa sebagai kontrol dan 26 siswa yang dijadikan eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan mengenai pengaruh penggunaan metode Critical Incident terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri 58 Kota Bengkulu, dapat dilihat dari hasil hipotesis dengan menggunakan uji F terhadap dua kelompok dengan hasil yang diperoleh Fhitung =8,02 Sedangakan Ftabel = 4,26 dengan df 24 pada taraf signifikan 5 % yaitu 4,26 Dengan demikian Fhitung > Ftabel 8,02.>4,26) yang berarti hipotesis kerja dalam penelitian ini diterima, yaitu hasil belajar mata pelajaran bahasa indonesia yang diajarkan dengan menggunakan metode Critical Incident lebih baik daripada siswa yang tanpa menggunakan metode Critical Incident di SD Negeri 58 Kota Bengkulu. Dibuktikan dengan jumlah hasil belajar IPA pos test pada kelompok eksperimen adalah 1970 lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yaitu 1750
Konflik Sosial Dalam Novel Si Anak Badai Karya Tere Liye Nina Nurmala; Aryani Aryani
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v1i2.288

Abstract

Konflik sosial selalu ada dan dan sering kali ditonjolkan dalam sebuah karya sastra, salah satunya seperti dalam novel Si Anak Badai Karya Tere Liye. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Wujud konflik sosial (intrinsik dan ekstrinsik) ; (2) Faktor penyebab konflik sosial; (3) Penyelesaian konflik sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptip kualitatip dengan menggunakan teori sosiologi sastra. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik simak dan catat. Subjek penelitian ini adalah novel Si Anak Badai Karya Tere Liye. Hasil penelitian ini menunjukan adanya konflik sosial dalam novel Si Anak Badai Karya Tere Liye. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa wujud konflik sosial intrinsik tersebut adalah: (a) Kekecewaan; (b) Kekhawatiran ; (c) Cemas; (d) Sedih; dan ekstrinsik: (a) Pertengkaran; (b) Kemarahan; (c) Gaduh; (d) Kesalah pahaman; (e) Tidak Percaya; (f) Penangkapan.
Analisis Karakterisasi Tokoh Utama Dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi Merianatari Merianatari; Katumbin Zaky
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v1i2.298

Abstract

Penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan karakter tokoh yang ada di dalam novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi. (2) untuk mendeskripsikan perubahan tokoh utama Saat Merantau di kampung halaman yang terdapat dalam novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kulitatif untuk mendeskripsikan karakter tokoh dan Perubahan yang terdapat dalam novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi. Teknik analisis data dengan menggunakan metode membaca heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis ingin mendeskripsikan, yaitu: (1) Karakterisasi Tokoh Utama, Hepi. Yaitu : jujur, disiplin, kerja keras, cerdik, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat/ komunikatif, damai, gemar membaca, pedulu sosial, tanggung jawab, dan memanfaatkan atau mengikhlaskan (2) tokoh atau penokohan yang ada didalam Novel Anak Rantau , (3) Perubahan tokoh utama Saat merantau di kampung halaman yang terdapat didalam Novel Anak Rantau
Tindak Tutur Direktif Dalam Slogan Pendidikan Di SMP IT AL-HABIM Fitri Handayani; Muhammad Wildan
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v1i2.309

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Mendeskripsikan bentuk tuturan dalam slogan pendidikan di SMPIT AL-HABIM (2) Mendeskripsikan makna yang terkandung dalam Slogan pendididikan di SMP IT AL-HABIM (3) Mendeskripsikan jenis tindak tutur direktif yang termasuk dalam slogan pendidikan di SMP IT AL-HABIM. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan untuk menjawab semua permasalahan yang ada yaitu metode observasi, simak dan catat. Proses analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan proses pengumpulan data dan mendeskripsikan data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: Jenis slogan yang ada di sekolah SMP IT AL-HABIM berjumlah 28. Jenis tindak tutur direktif yang terbagi menjadi 3 jenis tindak tutur direktif yaitu, 18 tindak tutur direktif menyarankan, 6 tindak tutur direktif perintah, dan 2 tindak tutur direktif mengajak. Direktif menyarankan terdapat 18 data, memiliki makna konteks yang memberikan saran kepada lawan tutur. Direktif perintah terdapat 6 data, Makna Konteks yang mengarahkan pada tuturan yang sifatnya memberikan perintah. Direktif mengajak 2 data, makna yang terkandung dalam tuturanya memberikan tindakan yang sifatnya berupa ajakan kepada lawan tutur.