Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran literasi pada pelajaran bahasa Indonesia serta apakah ada faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan model pembelajaran literasi dalam membaca dan menulis pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDIT IQRA 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kualitatif, penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif kualitatif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari prilaku orang-orang yang diamati. Subjek penelitian ini berjumlah 16 orang terdiri dari 1 orang Kepala Sekolah, 5 orang wali kelas dan 10 orang peserta didik kelas IV SDIT IQRA 2 Kota Bengkulu, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil data analisis menggunakan model analisis manurut Miles dan Huberman dari reduksi data, penyajian data , penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bagaimana penerapan model pembelajaran literasi di kelas IV SDIT IQRA 2 Kota Bengkulu dengan konsep penataan poster-poster, perpustakaan mini harus dihiasi dengan baik memanfaatkan sarana prasarana di sekolah agar dapat membantu penerapan model pembelajaran literasi. Dalam pelaksanaan guru memotivasi selalu berinteraksi, namun untuk melaksanakan konsep literasi antara menyimak, berbicara, membaca, menulis dan berpikir kritis belum dimaksimalkan. Faktor pendukung, penerapan model pembelajaran literasi didukung pihak Yayasan dan Kepala Sekolah, dengan dilengkapi sarana, prasarana dan adanya pelatihan guru di sekolah untuk menerapkan model pembelajaran literasi di kelas IV, sedangkan faktor penghambat, adanya beberapa masalah diantaranya dana, kurang kemauan serta keinginan terhadap peserta didik, kurangnya keaktifan, daya tangkap dan minat peserta didik untuk mengembangkan kemampuannya membaca menulis
Copyrights © 2021