Inculco Journal of Christian Education
Vol 4, No 1 (2024): Vol 4, No 1 (2024): Februari 2024

KOMPETENSI SPIRITUAL GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN IMAN SISWA

Muharoma Chomsatul Farida (Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia Banten)
Unima Laia (Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia Banten)
Putri Rambu Sanja (Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia Banten)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2024

Abstract

Seorang guru yang profesional dikarakterisasi oleh lima kompetensi, yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi spiritual. Dalam konteks guru Pendidikan Agama Kristen (PAK), memiliki kompetensi spiritual dianggap sebagai hal yang sangat penting. Sebagai pendidik profesional, guru PAK memiliki tanggung jawab untuk membimbing dan mengarahkan siswa agar memahami Alkitab dengan benar serta meningkatkan pertumbuhan iman mereka. Guru PAK yang memiliki tingkat kompetensi spiritual yang tinggi juga berfungsi sebagai contoh yang baik bagi siswa. Oleh karena itu, guru PAK harus memenuhi standar kualitas rohani yang baik, termasuk memiliki kepribadian yang bertanggung jawab, berwibawa, mandiri, dan disiplin. Guru Pendidikan Agama Kristen yang memiliki kompetensi spiritual yang baik akan memiliki kemampuan untuk memengaruhi kehidupan siswa melalui proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di dalam kelas. Hal ini akan menyebabkan siswa mengalami pertumbuhan dalam iman mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, di mana informasi yang diperoleh berasal dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan riset sebelumnya. Data yang dikumpulkan dari referensi-referensi ini dianalisis secara kritis dan mendalam untuk mendukung proposisi dan gagasan yang diajukan. Tujuan penelitian ini adalah dua. Pertama, memberikan penjelasan tentang hakikat kompetensi spiritual seorang guru Pendidikan Agama Kristen. Kedua, menjelaskan pentingnya kompetensi spiritual seorang guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan pertumbuhan iman siswa. A professional teacher is characterized by five competencies, namely: pedagogic competence, social competence, personality competence, professional competence, and spiritual competence. In the context of Christian Religious Education (PAK) teachers, having spiritual competence is considered very important. As professional educators, PAK teachers have a responsibility to guide and direct students to understand the Bible correctly and promote their faith growth. PAK teachers who have a high level of spiritual competence also serve as good examples for students. Therefore, PAK teachers must meet good spiritual quality standards, including having a responsible, authoritative, independent, and disciplined personality. Christian Education teachers who have good spiritual competence will have the ability to influence students' lives through the learning process of Christian Education in the classroom. This will cause students to experience growth in their faith. This research uses qualitative methods, where the information obtained comes from various sources such as books, journals, and previous research. The data gathered from these references are critically and deeply analyzed to support the propositions and ideas put forward. The objectives of this study are twofold. First, it provides an explanation of the nature of spiritual competence of a Christian Education teacher. Second, explain the importance of spiritual competence of a Christian Education teacher in increasing students' faith growth.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijce

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Inculco Journal of Christian Education (IJCE) adalah jurnal penelitian peer-review (proses penelusuran atas kualitas suatu karya tulis ilmiah oleh ahli lain di bidang yang bersesuaian) akses terbuka berkualitas. Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi ...