Jurnal ABDIMAS MUTIARA
Vol. 1 No. 1 (2020): JURNAL ABDIMAS MUTIARA

PEMBERDAYAAN KELUARGA TENTANG ASUPAN CAIRAN PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK TIGARUNGGU KABUPATEN SIMALUNGUN

Frida Liharris Saragih (Program Studi D-III Keperawatan Fakultas Farmasi & Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutiara Indonesia)
Yunida Turisna Octavia (Program Studi D-III Keperawatan Fakultas Farmasi & Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutiara Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 May 2021

Abstract

Pembatasan asupan cairan pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena asupan cairan yang berlebihan dapat mengakibatkan kenaikan berat badan, edema, bronkhi basah dalam paru – paru, kelopak mata yang bengkak dan sesak nafas yang diakibatkan oleh volume cairan yang berlebihan. Klien denagn gagal ginjal kronik membtuhkan kemampuan dalam perawatan dirinya. Tujuan pengabdian ini adalah agar pasien yang mengalami gagal ginjal mendapatkan dukungan dari keluarga baik dukungan emosional, dukungan informasi khususnya tentang Batasan asupan cairan dalam melaksanakan self managemen mereka.. Adapu metode yang dilakukan dalam pengabdian ini terciptanya dukungan keluarga dalam dukungan emosional dan dukungan informasi dalam perawatan pasien gagal ginjal kronik di Desa TigaRunggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh faktor pengetahuan terhadap kepatuhan asupan cairan dengan nilai p-value 0.037, ada pengaruh faktor dukungan keluarga terhadap kepatuhan asupan cairan dengan nilai p-value 0.013, ada pengaruh keterlibatan tenaga kesehatan terhadap kepatuhan asupan cairan dengan nilai p-value 0.018, ada pengaruh konsep diri terhadap kepatuhan asupan cairan dengan nilai p-value 0.009, ada pengaruh interdialytic weight gain terhadap kepatuhan asupan cairan dengan nilai p-value 0.016. Peran serta keluarga didesa TigaRunggu akan sangat membantu dalal monitoring dan evaluasi pembatasan asupan cairan gagal ginjal kronik di Desa Tigarunggu Kabupaten Simalungun.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JAM

Publisher

Subject

Chemistry Computer Science & IT Medicine & Pharmacology Nursing Other

Description

Jurnal ABDIMAS MUTIARA diterbitkan oleh Program Studi : Sistem Informasi Fakutas Sains dan Teknologi Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia di Medan sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang asfek - asfek multidisiplin ilmu bidang Teknologi, Kesehatan dan Sosial berupa hasil pengabdian ...