cover
Contact Name
Kerisman Halawa
Contact Email
ojs.usmindonesia19@gmail.com
Phone
+6285297738787
Journal Mail Official
ojs.usmindonesia19@gmail.com
Editorial Address
ojs.usmindonesia19@gmail.com
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal ABDIMAS MUTIARA
ISSN : 27227758     EISSN : 27227758     DOI : -
Jurnal ABDIMAS MUTIARA diterbitkan oleh Program Studi : Sistem Informasi Fakutas Sains dan Teknologi Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia di Medan sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang asfek - asfek multidisiplin ilmu bidang Teknologi, Kesehatan dan Sosial berupa hasil pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan September. Redaksi menerima naskah yang belum pernah diterbitkan dalam media lain dari dosen, peneliti, mahasiswa maupun praktisi dengan ketentuan penulisan seperti tercantum pada halaman belakang (petunjuk untuk penulis). Naskah yang masuk akan dievaluasi dan disunting untuk keseragaman format, istilah dan tata cara lainnya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 658 Documents
PELATIHAN KEAHLIAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA SISWA TRAINING DI LPK MITRA SAURI MEDAN Rosanna Purba; Rika Mei Hayani Ginting; Tia Novira Sucipto
Jurnal Abdimas Mutiara Vol. 1 No. 1 (2020): JURNAL ABDIMAS MUTIARA
Publisher : Universitas Sari Mutiara Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perubahan teknologi tentu saja berdampak disegala bidang baik itu di bidang pendidikan, pekerjaan dan di bidang lainnya. Di dalam dunia akuntansi tentu saja kemajuan teknologi berdampak sangat signifikan, karena Sistem Informasi Akuntansi yang kita ketahui sekarang sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan baik itu perusahaan yang bergerak di bidang jasa, manufaktur ataupun dagang. Perusahaan tentu saja akan membutuhkan Sistem Informasi Akuntansi ini dalam melaporkan hasil kinerja dan kondisi keuangan perusahaannya pada akhir periode nantinya. Itulah mengapa Sistem Informasi Akuntansi sangat diperlukan untuk melaporkan kondisi keuangan perusahaan secara tepat dan akurat untuk semua pihak yang membutuhkannya. Sistem tersebut tentu saja sangat memudahkan perusahaan dalam melakukan sebagian besar kegiatan operional perusahaan dan dengan memberikan informasi yang tepat dan akurat tentu saja itu akan menekan biaya produksi sehingga akan lebih efektif dan efisien tentunya. Anak-anak sekolah jurusan Akuntansi atau mahasiswa Akuntansi sebagai calon yang nantinya akan bekerja di bidang yang berhubungan dengan laporan keuangan dan tentu saja mereka di tuntut untuk mengerti dan memahami bagaimana Sistem Informasi Akuntansi itu bekerja harus mulai mempelajarinya sejak dini. Yang tentu saja sistem ini akan berbeda dengan yang mereka kerjakan secara manual maka dari itu ini lah tujuan mengapa sistem Informasi Akuntansi itu sangat perlu untuk dipelajari oleh Anak-anak sekolah jurusan Akuntansi atau mahasiswa Akuntansi. Dengan mempelajari sistem ini mereka akan mengetahui mana Sistem Informasi Akuntansi yang lebih cepat dan efisien tahap pengerjaannya dibandingkan dilakukan mengerjakannya secara manual.
PEMBERDAYAAN RUMAH BACA BAKAU SEBAGAI SARANA BIMBINGAN BELAJAR BAGI ANAK DAN GERAKAN SABTU BERSIH DI KAMPUNG BAKAU DESA PERCUT Maria Friska Nainggolan; Mery Silalahi; Panni Ance Lumbantobing
Jurnal Abdimas Mutiara Vol. 1 No. 1 (2020): JURNAL ABDIMAS MUTIARA
Publisher : Universitas Sari Mutiara Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya minat membaca anak- anak di kampung bakau dan banyaknya sampah yang dibuang ke sungai sehingga mengganggu keindahan kampung bakau dan kelestarian pohon bakau mejadi dua hal yang menjadi prioritas pada kegiatan pengabdian masyarakat di Kampung Bakau Desa Percut, Kabupaten Deli Serdang. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk memberi motivasi kepada anak-anak agar rajin belajar di Rumah Baca Bakau. Kegiatan yang dilakukan dengan memberikan bimbingan belajar kepada peserta didik yang terdiri dari Kelas A dan Kelas B. Kelas A dibimbing untuk belajar membaca dan menulis sedangkan Kelas C dibimbing untuk memahami isi bacaan yang dibaca serta pengarajan minat dan bakat kegiatan ini juga bertujuan untuk membimbing anak-anak di Desa Kampung Bakau untuk melakukan gotong royong guna membersihkan sungai di area Bagan sampai Kampung Bakau di Desa Percut. Jumlah peserta pada kegiatan ini adalah 20 orang anak-anak. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode bimbingan, pemberian tugas dan metode gotong royong. Kegiatan ini meningkatkan motivasi anak-anak untuk membaca buku di Rumah Baca Bakau dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kelestarian pohon bakau.
MEMPERSIAPKAN BERSALIN NORMAL DENGAN DUKUNGAN SELAMA KEHAMILAN DI KLINIK WANTI MABAR HILIR 2019 Christina R Nainggolan; Elsarika Damanik; Flora Sijabat; Rantauli Sibarani
Jurnal Abdimas Mutiara Vol. 1 No. 1 (2020): JURNAL ABDIMAS MUTIARA
Publisher : Universitas Sari Mutiara Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kehamilan, persalinan merupakan momen yang amat penting dalam kehidupan seorang wanita. Oleh karena itu selama awal kehamilan ibu perlu mendapatkan dukungan dari suami,keluarga,tenaga kesehatan untuk menjaga kesehatan ibu selama hamil baik fisik maupun psikis sehat serta janin yang didalam kandungannya berkembang baik. Selama kehamilan terjadi banyak perubahan baik fisik, psikologis maupun sosial, sehingga ibu hamil memerlukan adaptasi terhadap perubahan tersebut. Peran keluarga telah terbukti sangat membantu seseorang dalam permasalahan kesehatan. Pendekatan keluarga sebagai pusat (family centered) dalam penyelesaian masalah menjadi pilihan. Para anggota keluarga dan tenaga kesehatan melibatkan peran penting dari keluarga, dukungan keluarga akan membangun kekuatan, membantu untuk membuat suatu pilihan yang terbaik, dan meningkatkan pola normal yang ada dalam kesehariannya selama ibu hamil mengalami masalah kesehatannya. Sebaliknya kurangnya support system ibu hamil dari lingkungan terdekat akan menyebabkan kegelisahan, stres hingga depresi. Ketidaknyamanan ini bahkan dapat berlanjut hingga masa nifas dan menyusui. Kegelisahan dan stres yang dialami akan meningkatkan hormon kortisol yang berdampak buruk tidak hanya pada dirinya namun juga janin yang dikandung. Janin dapat mengalami gangguan tumbuh kembang otak, fisik, mental yang nanti akan muncul selama masa kanak. Support system selama kehamilan adalah dukungan yang diberikan pada ibu hamil yang berasal dari keluarga dan lingkungan sosial sekitar. Ibu hamil merasa bahwa dirinya diperhatikan dan semua orang mendukung kehamilan yang sedang dijalaninya sehingga ia mendapatkan semangat lebih dalam menjalani kehamilan dan proses persalinan.
STOP STIGMA DAN DISKRIMINASI ODHA DI KOTA MEDAN Galvani Volta Simanjuntak; Masri Saragih; Eva Kartika Hasibuan; Jek Amidos Pardede
Jurnal Abdimas Mutiara Vol. 1 No. 1 (2020): JURNAL ABDIMAS MUTIARA
Publisher : Universitas Sari Mutiara Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Stigma dan diskriminasi terhadap ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) merupakan salah satu hambatan utama dalam pengendalian dan pengobatan HIV/AIDS. Adanya stigma dan diskriminasi membuat ODHA enggan melakukan pengobatan dan kelompok beresiko tinggi enggan untuk melakukan pemeriksaan dini. Ketakutan yang irasional akan penularan HIV dan persepsi masyarakat bahwa orang yang terinfeksi HIV memiliki perilaku yang tidak baik adalah alasan utama masyarakat menstigma dan mendiskriminasi ODHA. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, dilaksanakan program pengabdian masyarakat dengan kegiatan: 1) Pemberian informasi yang benar tentang HIV/AIDS, dan 2) Testimoni ODHA. Tujuan dan target dari kegiatan ini adalah: 1) Masyarakat memiliki pengetahuan yang benar tentang HIV, 2) Stigma dan diskriminasi terhadap ODHA berkurang atau hilang. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah metode penyuluhan dan interaktif. Hasil dari kegiatan ini, masyarakat tidak takut saat berinteraksi dengan ODHA seperti ngobrol dan bersalaman. Masyarakat juga berkomitmen untuk tidak lagi menstigma dan mendiskriminasikan ODHA.
PENINGKATAN PENGETAHUAN ANAK USIA DINI DALAM PERAWATAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT Amila Amila; Eva Kartika Hasibuan
Jurnal Abdimas Mutiara Vol. 1 No. 1 (2020): JURNAL ABDIMAS MUTIARA
Publisher : Universitas Sari Mutiara Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aspek kesehatan Anak Usia Dini yang perlu diperhatikan salah satunya adalah kesehatan gigi dan mulut. Kebiasaan menggosok gigi adalah kebiasaan sehat yang perlu dilakukan anak untuk menjaga kebersihan gigi dan mulutnya. Terlebih lagi ketika usia anak semakin bertambah dan anak mulai mengkonsumsi berbagai jenis makanan, diantaranya makanan yang manis seperti jus buah, permen dan coklat. Makanan manis seperti itu dapat merusak kesehatan gigi anak dan bisa menimbulkan masalah gigi berlubang, gigi berwarna hitam keropos dan bau mulut tidak sedap. Permasalahan pada anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Sumatera Utara berdasarkan hasil observasi pada 10 orang anak menunjukkan bahwa anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 mempunyai karies gigi, sehingga sangat perlu dilakukannya tindakan preventif, yaitu penyuluhan dan praktek menggosok gigi. Tujuan kegiatan ini adalah membiasakan anak-anak untuk menyikat gigi dari sedini mungkin dan memberikan pengetahuan tentang cara sikat gigi yang baik dan benar. Pelaksanaan program praktek merawat gigi pada anak meliputi tahapan proses ceramah, tanya jawab, dan praktek. Keberhasilan kegiatan ini dilihat dari diikutinya program praktek merawat gigi pada anak ini oleh seluruh anak TK dan PAUD.
DETEKSI DINI STUNTING DALAM UPAYA PENCEGAHAN STUNTING PADA BALITA DI DESA DURIN TONGGAL, PANCUR BATU, SUMATERA UTARA Siska Evi Martina; Rinco Siregar
Jurnal Abdimas Mutiara Vol. 1 No. 1 (2020): JURNAL ABDIMAS MUTIARA
Publisher : Universitas Sari Mutiara Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang: Stunting adalah kondisi terhambatnya pertumbuhan pada anak balita akibat kurang gizi kronis sehingga anak terlibat lebih pendek dari pertumbuhan usianya. Hal tersebut akan berdampak pada perkembangan anak, maka pemantauan pertumbuhan dan perkembang balita sangat penting dilakukan untuk mengetahui hambatan pertumbuhan (growth faltering) sejak dini. Salah satu desa yang sulit dijangkau membuat masyarakat kurang informasi tentang stunting dan tidak menyadari situasi pertumbuhan dan permbangan anak mereka. Tujuan: kegiatan ini untuk mendeteksi secara dini stunting pada anak usia dibawah lima tahun (Balita) di Desa Durin Tunggal dan memberikan informasi penting tentang stunting. Metode kegiatan yang dilakukan adalah pengukuran tinggi Badan dan Berat Badan yang dikonversi dengan nila Z sesuai acuan kementrian kesehatan Republik Indonesia dan juga diberikan pendidikan kesehatan tentang stunting atau mayarakat mengenal dengan sebutan kerdil. Hasil: Sebanyak 18 ibu dengan anak balita mengikuti kegiatan dengan aktif dan 22 balita dilakukan deteksi stunting. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukan mayoritas masyarakat tidak memahami tentang stunting dan 54,5 % balita laki-laki yang diukur tinggi badan dan berat badan. Mayoritas balita yang dideteksi usia 4-5 tahun (63,6%) dan 2-3 tahun sebanyak 36,4%. Hasil pengukuran menunjukan 86,4 % balita tidak mengalami stunting namun ditemukan 13,6 % balita stunting. Kesimpulan: Maka hal ini perlu menjadi perhatian khusus supaya ibu-ibu bisa menyadari pertumbuhan anaknya dan memberikan asupan nutrisi yang baik untuk mencegah stunting.
MENGUKUR KEPADATAN LALAT DAN PEMANTAUAN JENTIK NYAMUK DI KELURAHAN DWIKORA KECAMATAN MEDAN HELVETIA Yenni Gustiani Tarigan
Jurnal Abdimas Mutiara Vol. 1 No. 1 (2020): JURNAL ABDIMAS MUTIARA
Publisher : Universitas Sari Mutiara Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu masalah kesehatan lingkungan yang cenderung meningkat jumlah penderita dan semakin luas daerah penyebarannya, sejalan dengan meningkatnya mobilitas dan kepadatan penduduk. Kelurahan Dwikora merupakan kelurahan yang selalu tinggi kasus DBD di kecamatan Medan Helvetia. Hal ini terjadi mungkin diakibatkan padatnya penduduk di daerah ini karena terdapat banyak rumah dan kamar kontrakan yang ditempati oleh para mahasiswa yang kurang menjaga kebersihan lingkungan. Metode pelaksanaan dilakukan dengan observasi langsung kondisi tempat penampungan air, dan untuk mengukur jumlah pengetahuan responden tentang penyakit demam berdarah yaitu melalui kuesioner dan wawancara di kelurahan Dwikora. Mengukur kepadatan lalat dibutuhkan waktu yaitu selama 30 detik setiap sekali pengkuran dengan 10 kali pengukuran di setiap kedua tempat yang sudah ditentukan dengan menggunakan fly grill. Hasil pelaksanaan ditemukan terdapat jentik nyamuk di dalam rumah penduduk yaitu dalam penampungan dispenser sejumlah 8 rumah dan di luar rumah paling banyak ditemukan di dalam air comberan yang tergenang sebanyak 2 rumah penduduk. Adapun hasil dari (HI) adalah 100% sedangkan (CI) adalah 29,5%. Jumlah lalat dalam setiap detik pengukuran terdapat hinggap jumlah lalat sebanyak 1 lalat sehingga hal ini masih dalam kategori tidak menjadi masalah penyebaran vektor yang buruk. Kepada seluruh responden agar dapat menguras bak mandi minimal setiap 1 minggu sekali, menutup tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi, tondon, selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah jangan sampai di rumah ada sampah seperti botol plastik atau kaleng yang dapat menjadi tempat penampungan air alamiah.
SOSIALISASI CUCI TANGAN PAKAI SABUN DI PAUD DAN TAMAN KANAK KANAK SEKOLAH SINAR MENTARI DESA PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA Henny Arwina Bangun; Lia Rosa Veronika Sinaga; Jasmen Manurung; Seri Asnawati; Ronni Naudur Siregar
Jurnal Abdimas Mutiara Vol. 1 No. 1 (2020): JURNAL ABDIMAS MUTIARA
Publisher : Universitas Sari Mutiara Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap siswa siswi di sekolah berhak memperoleh derajat kesehatan yang setinggi-tingginya dan perlu diikutsertakan dalam usaha-usaha kesehatan pemerintah. Hal ini tercantum di dalam Undang-Undang Kesehatan pasal 1 No.9 tahun 1960. Yang dimaksud dengan kesehatan dalam UU Pokok Kesehatan tersebut adalah pengertian sehat yang sesuai dengan ketentuan yang telah di definisikan oleh WHO yaitu sehat adalah suatu keadaan jasmani, rohani, dan sosial yang sempurna dan bukan hanya bebas dari penyakit, cacat dan kelemahan. CTPS merupakan salah satu indikator output STBM. Setiap rumah tangga dan sarana pelayanan umum dalam suatu komunitas (seperti sekolah, kantor, rumah makan, puskesmas, pasar, terminal) tersedia fasilitas cuci tangan (air, sabun, sarana cuci tangan), sehingga semua orang mencuci tangan dengan benar. Permasalahan pemberian penyuluhan kepada siswa siswi PAUD dan Taman Kanak-Kanak (TK) Sekolah Sinar Mentari Desa Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, mengenai kesehatan masih kurang. Rendahnya tingkat pendidikan dan ekonomi orangtua siswa siswi di PAUD dan TK Sekolah Sinar Mentari menyebabkan rendahnya perilaku siswa siswi untuk selalu menerapkan pola hidup sehat terutama untuk melakukan cuci tangan dengan memakai sabun. Sebagai contoh mereka sering kali untuk tidak mencuci tangan sebelum makan dan aktivitas lainnya. Padahal cuci tangan memiliki manfaat yang cukup banyak salah satunya dapat mencegah terjangkitnya penyakit diare. Berdasarkan hal tersebut penulis tertantang untuk memberikan sosialisasi CPTS pada siswa siswi di di PAUD dan TK Sekolah Sinar Mentari di Desa Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang dari hasil sosialisasi diperoleh antusiasnya siswa siswa untuk bertanya dan mempraaktekan CPTS ini. Dengan sosialisasi CPTS ini diharapkan siswa siswi melakukan CPTS disetiap kegiatan sehingga diharapkan akan terbebas dari segala penyakit yang berhubungan dengan kuman, bakteri pada makanan salah satunya adalah diare, sehingga derajat kesehatan pada siswa siswi akan meningkat.
PENGENALAN APLIKASI ORIGIN VERSI 6.0. DI SMK N 5 MEDAN S Sijabat; F Priyulida; Adiansyah Adiansyah; Hotromasari Dabukke
Jurnal Abdimas Mutiara Vol. 1 No. 1 (2020): JURNAL ABDIMAS MUTIARA
Publisher : Universitas Sari Mutiara Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Origin merupakan aplikasi perangkat lunak untuk Personal Computer (PC) dalam pemrosesan data (termasuk fungsi-fungsi statistika dan analisis numerik) dan untuk pembuatan grafik 2D dan 3D yang dikembangkan oleh Origin Lab Corporation. Program ini dapat meng-eksport dan meng-import berkas ke dalam format JPEG, GIF, EPS, dan TIFF. Aplikasi origin 6.0 merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengolah data hasil percobaan maupun hasil penelitian. Software aplikasi Orgin V 6.0 digunakan dalam riset penelitian, software ini biasa digunakan untuk mempreparasi spektra XRD, FT-IR, UV-Vis dan lainnya. Guru/i selama ini dianggap kurang mampu menggunakan aplikasi ini sehingga perlu dilakukan sosialisasi pengenalan aplikasi origin di SMK Negeri 5 Medan. Kurangnya pengetahuan guru terhadap aplikasi ini, membuat data hasil percobaan ditampilkan hanya dalam bentuk numerik saja Oleh sebab itu, guru membutuhkan pelatihan pengenalan aplikasi origin v 6.0 untuk mengolah data hasil percobaan tersebut menjadi sebuah data yang ditampilkan secara akurat. Kebutuhan penggunaan aplikasi origin ini yang sangat dibutuhkan saat ini untuk mengolah hasil percobaan maupun hasil penelitian. Tujuan dari program pengenalan aplikasi origin di SMA/SMK/Sederajat yaitu untuk memperkenalkan kepada guru/I untuk menggunkan aplikasi origin dalam mengolah data numerik menjadi yang lebih akurat.
PELATIHAN DASAR PELAYANAN PRIMA BIDANG PERHOTELAN BAGI KALANGAN MUDA DI LKP MITRA SAURI MEDAN Elisabeth Tambunan; Mery Lani Purba; Roberto Roy Purba; Idahwati Idahwati
Jurnal Abdimas Mutiara Vol. 1 No. 1 (2020): JURNAL ABDIMAS MUTIARA
Publisher : Universitas Sari Mutiara Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelayanan prima (excellent service) adalah sebuah kepedulian oleh perusahaan terhadap para pelanggan dengan berusaha memberikan pelayanan sebaik mungkin dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan, berdasarkan standar dan prosedur pelayanan untuk mewujudkan kepercayaan pelanggan agar mereka selalu puas, sehingga mewujudkan pelanggan yang memiliki loyalitas tinggi. Begitu pentingnya pelayanan prima bukan hanya untuk kepuasan pelanggan tetapi juga untuk kemajuan bisnis tersebut. Berawal dari harapan pihak Program Studi Manajemen FEIS USM Indonesia sebagai Mitra 1, untuk dapat memberikan pengalaman belajar yang long lasting memory. Salah satunya tentang pelayanan prima dimana mahasiswa dapat mempelajari langsung dari pihak yang berkompeten di bidang tersebut. Sementara LKP Mitra Sauri Medan sebagai Mitra 2, memiliki semangat untuk berbagi ilmu dan pengalaman pembelajaran di bidang jasa perhotelan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka Mitra 1 bersinergi dengan Mitra 2 mengadakan serangkaian kegiatan pelatihan dasar pelayanan prima. Secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan. Semua pihak dapat bekerjasama dengan baik. Pelatihan dasar pelayanan prima diberikan dengan suasana yang menyenangkan disertai dengan simulasi berbagai kegiatan pelayanan di sebuah hotel dan juga kunjungan ke Emerald Garden International Hotel untuk melihat langsung bagaimana pengaplikasian pelayanan prima pada salah satu hotel yang bertaraf internasional di kota Medan. Hal ini memberikan kesan yang baik dan menarik bagi para peserta dimana mereka bisa memahami pembelajaran tentang pelayanan prima dengan melakukannya langsung (learning by doing)

Page 1 of 66 | Total Record : 658