JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan)
Vol. 7 No. 2 (2023)

Manajemen Pelaksanaan Program Dana Bantuan Operasional Sekolah

Dwi Murni (Unknown)
Sudirman Sudirman (Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.)
Untung Waluyo (Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.)
Asrin Asrin (Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.)
Fahruddin Fahruddin (Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Pendanaan pendidikan yang terkenal dengan program dana BOS, menuntut sekolah agar dapat membuat rencana, melaksanakan, mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan pengendalian anggaran pendidikan secara jelas kepada pemerintah dan masyarakat. Sekolah harus membuat prioritas skala keperluan sekolah yang terpenting dan berdampak langsung kepada siswa dalam kegiatan belajar mengajar berdasarkan petunjuk teknis (juknis) yang ditetapkan pemerintah. Kepala sekolah berperan sebagai penanggung jawab pemanfaatan dana BOS di sekolah mempunyai tugas yang besar untuk mengelola distribusi pendanaan untuk operasional sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan uji kredibility, transferability, defendability dan konfirmability. Hasil penelitian menemukan bahwa Proses pelaksanaan dilakukan dengan pembelanjaan sesuai perencanaan dan membuat pembukuan keuangan. Kesimpulannya adalah manajemen dana Bantuan Operasional Sekolah dilakukan dengan mengikuti Permendikbud RI Nomor 6 tahun 2021 akan tetapi dalam manajemen perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pelaporan belum optimal karena masih menemui berbagai kendala. Rekomendasi dari penelitian ini ke depan dapat berguna bagi sekolah, peneliti dan masyarakat umum.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpap

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan) (p-ISSN: 2548-6233; e-ISSN: 2548-6241) is a peer-reviewed journal published since 2016 by the Postgraduate University of Mataram. The Journal of Educational Administration Practitioners is an integrated media for continuous communication with important ...