Jurnal ABDIMAS MUTIARA
Vol. 3 No. 1 (2022): JURNAL ABDIMAS MUTIARA (In Press)

PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN BAGI PARA PELAKU UMKM DI KOPERASI SIMPAN PINJAM SERDANG INDAH KECAMATAN MEDAN MARELAN

Mery Lani Purba (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Indonesia)
Eva Margareth Sarah (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2022

Abstract

Pelatihan penyusunan laporan keuangan kepada para pelaku UMKM di Koperasi Simpan Pinjam Medan Marelan ini bertujuan agar para pelaku UMKM dapat meningkatkan kemampuannya dalam hal pencatatan dan pengelolaan Keuangan melalui penyusunan laporan keuangan. Para pelaku UMKM belum memahami cara yang baik dalam pencatatan, khususnya yang berkaitan dengan akuntansi serta kegunaanya sehingga mereka membutuhkan dukungan dari pihak akademisi untuk mendapatkan pelatihan penyusunan laporan keuangan UMKM. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan dan pendampingan penyusunan laporan keuangan UMKM melaui kegitatan Tutorial dan Diskusi berkaitan dengan masalah pengelolaan keuangan masing-masing para pelaku UMKM. Metode pengumpulan data kegiatan pengabdian ini adalah melalui observasi dan wawancara dengan pengurus koperasi dan salah satu pelaku UMKM. Jumlah Peserta yang akan ikut training adalah 25 orang yang merupakan pelaku UMKM yang bergerak dibidang perdagangan dan jasa. Hasilnya Kegiatan pelatihan ini dapat dinyatakan berhasil dilihat dari antusiasme para pelaku UMKM selama proses pelatihan dan pendampingan penyusunan laporan keuangan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JAM

Publisher

Subject

Chemistry Computer Science & IT Medicine & Pharmacology Nursing Other

Description

Jurnal ABDIMAS MUTIARA diterbitkan oleh Program Studi : Sistem Informasi Fakutas Sains dan Teknologi Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia di Medan sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang asfek - asfek multidisiplin ilmu bidang Teknologi, Kesehatan dan Sosial berupa hasil pengabdian ...