Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 1 No. 3 (2022): Mei 2022

Pengaruh Penggunaan Model Numbered Head Together terhadap Kemampuan Menganalisis Informasi Teks Eksplanasi

Serli Aprilian (Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas PGRI Sumatera Barat, Sumatera Barat, Indonesia)
Yulia Pebriani (Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas PGRI Sumatera Barat, Sumatera Barat, Indonesia)
Ricci Gemarni Tatalia (Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas PGRI Sumatera Barat, Sumatera Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Numbered Head Together terhadap kemampuan menganalisis informasi teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 6 Padang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Rancangan yang dipilih adalah posttes only control design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI Busana 1 (Kelas Uji Coba), kelas XI Perhotelan 1 (kelas kontrol) dan Kelas XI UPW (kelas eksperimen). Instrumen penelitian berupa tes objektif menganalisis informasi teks eksplanasi. Prosedur penelitian ini yaitu pelaksanaan tes uji coba soal objektif menganalisis informasi teks eksplanasi, pelaksanan pembelajaran kemampuan menganalisis informasi teks eksplanasi tanpa perlakuan, pelaksanaan pembelajaran kemampuan menganalisis informasi teks eksplanasi dengan model Numbered Head Together, dan posttes kemampuan menganalisis informasi teks eksplanasi. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut. Pertama, tingkat kemampuan menganalisis informasi teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 6 Padang memperoleh nilai rata-rata 73,06 dengan klasifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Kedua, tingkat kemampuan menganalisis informasi teks eksplanasi dengan menggunakan model Numbered Head Together siswa kelas XI SMK Negeri 6 Padang memperoleh nilai rata-rata 80,24 dengan klasifikasi Baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t bahwa hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak pada taraf signifikan 95% dan dk=(n1+n2)-2 yaitu thitung> ttabel (4,60 > 1,67). Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Numbered Head Together terhadap kemampuan menganalisis informasi teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 6 Padang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...