Jurnal CENDEKIA Jaya
Vol 5 No 1 (2023): Edisi Februari

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DI KABUPATEN CIREBON (STUDI KASUS DI KECAMATAN DUKUH PUNTANG)

Erna Erna (Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dampak implementasi program Keluarga Berencana terhadap partisipasi masyarakat di Kecamatan Dukuh Puntang Kabupaten Cirebon. Ada beberapa pfaktor yang mempengaruhi ketidaksertaan masyarakat mengikui program KB seperti faktor agama, budaya, kurangnya wawasan dari masyarakat tentang mengatur jarak kekahiran, dan kurangnya penyuluhan dari penyelengara program. Berdasarkan permasalahna tersebut dapat dirumuskan masalah seberapa besar dampak Implementasi Kebijakan program Keluarga Berencana terhadap partisipasi masyarakat di kecamatan Dukuh Puntang Kabupaten Cirebon. Hipotesis yang diajukan Implementasi kebijakan Program Keluarga Berencana berpengaruh terhadap Partisipasi Masyarakat di Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dengan analisis data dalam penelitian dengan program SPSS for window 16,0 dan analisis kuantitatif dengan rumus korelasi pearson. Hasil dari penelitian adalah Implementasi kebijakan mempunyaai pengaruh yang kuat terhadap partisipasi masyarakat dalam mengitu program keluarga berencana di Kecamatan Dukuhpuntang Kabupaten Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan koofesien korelasai sebesar 0,760. Sedangkan besarnya pengaruh implementasi kebijakan terhadap partisipasi masyarakat dalam mengikuti program keluarga berencana adalah 57,8% dan sisanya sebesar 42,2 % dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia-jaya

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences Other

Description

"CENDEKIA Jaya" FISIP UNTAG CIREBON merupakan jurnal media komunikasi dan publikasi ilmiah diterbitkan dua kali setahun oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon, berisikan hasil penelitian, makalah, skripsi dan karya ilmiah lainnya yang berkaitan dengan ilmu ...