Student Journal of Early Childhood Education
Vol 3 No 2 (2023): Volume 3 Nomor 2 September 2023

Pengaruh Pemberian Reward Token Ekonomi Terhadap Disiplin Anak Usia Dini Kelompok B

Yarahma Matorang (Mahasiswi)
Pupung Puspa Ardini (Universitas Negeri Gorontalo)
Waode Eti Hardiyanti (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2023

Abstract

Hasil penelitian dengan jumlah sampel 15 anak ada perbedaan rata-rata antara hasil kedisiplinan pretest dengan posttest yang artinya ada pengaruh penggunaan metode token ekonomi dalam meningkatkan kedisiplinan anak ini di lihat dengan perhitungan statistic pada skor pre-test kondisi awal disiplin anak mencapai skor 18,13 atau 18,13% dari skor total bernilai 10. Nilai Post-test kemampuan disiplin anak dihasilkan skor rata-rata yaitu 31,13 atau 30,86% dari skor total 10, dengan Uji Normalitas data One-sample Kolmogorov-smirnov test dengan nilai signifikansi 0,961 > 0,05, dan hasil Uji-t 0,000. Hasil dari eksperimen yang telah di ketahui pada hasil pre-test 18,13% sedangkan hasil post-test 30,86%. Dengan demikian Kesimpulan Pengaruh yang diberikan pada pemberian metode token ekonomi dengan berdasar kan uji-t dengan menunjukan nilai probabilitas 0,0 tingkat disiplin dengan metode token ekonomi. Saran pemberian reward token ekonomi dapat menjadi solusi permasalahan yang dapat digunakan sekolah sebagai solusi alternative untuk menyelesaikan masalah yang ada pada peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SJECE

Publisher

Subject

Education Other

Description

The Student Journal of Early Childhood Education focuses on early childhood studies, discussing parents-child relationship, multiple intelligence, and pedagogies to publish novel and relevant articles. This journal is published twice a year; March and September. This journal is published by ...