Perkembangan zaman yang semakin modern membuat teknologi informasi memegang peranan yang sangat penting. Teknologi informasi dapat membantu menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini mengambil objek penelitian yaitu Kantor UPPD Samsat. Beberapa permasalahan yang muncul yaitu juru parkir kewalahan karena juru parkir hanya berjumlahkan dua orang saja, samsat masih menggunakan sistem parkir secara manual, tidak ada kejelasan transparansi retribusi parkir yang masuk ke juru parkir serta belum adanya laporan pendapatan retribusi parkir yang disajikan secara rinci baik pelaporan secara mingguan atau bulanan. Diciptakannya E-parking, yaitu sistem pelayanan parkir yang dirancang untuk mengimplementasikan parkir yang aman, nyaman, dan transparan. Tujuan dibuatnya SIPARK menjadi solusi untuk penetapan tarif progresif sehingga perselisihan antara juru parkir dan masyarakat dapat dihindari, mengatasi kebocoran retribusi, meminimalisir adanya oknum curang yang tidak membayar parkir karena tidak adanya palang parkir, pengaturan parkir menjadi lebih tertata, serta petugas parkir menjadi lebih profesional dalam menjalankan tugasnya dan bekerja lebih efisien. Pendekatan Research and Development untuk menciptakan produk sistem informasi serta menggunakan sistem SDLC dengan model Waterfall. Sistem dibuat menggunakan basis data MySQL, menggunakan framework codeIgniter. Dari penelitian ini dihasilkan flowchart, use case, class diagram, Implementasi sistem berupa implementasi data base, implementasi user interface, implementasi report. Pengujian sistem menggunakan blackbox dan menunjukkan nilai berhasil sehingga sistem direkomendasikan untuk dapat digunakan pada objek penelitian.
Copyrights © 2024