EKSYDA: Jurnal Studi Ekonomi Syariah
Vol. 3 No. 1 (2022): EKSYDA

INVESTASI ONLINE (Cryptocurrency) DI INDONESIA (DITINJAU DARI ASPEK HUKUM ISLAM DAN PERLINDUNGAN BAGI INVESTOR SELAKU KONSUMEN)

Siti kholijah (STAI Darussalam Lampung)
Ermanita Permatansari (STAI Darussalam Lampung)
Siti fatimah (STAI Darussalam Lampung)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Cryptocurrency adalah sebuah teknologi mata uang virtual yang menggunakan sistem kriptografi untuk mengamankan transaksinya dan tidak dapat dipalsukan macam-macam cryptocurrency diantaranya bitcoin,ripple, ethereum,dogecoin,stellar dan lain-lain. Seiring berjalanya perkembangan zaman investasi melalui mata uang digital atau cryptocurrency sudah mulai marak di Indonesia sehingga dilirik pembisnis digital investasi bitcoin meskipun nilainya sangat fluktuatif. Dalam pandangan hukum Islam investasi pada cryptocurrency belum mendapatkan Fatwa yang resmi terkait hukum yang menjadi dasar investasi tersebut. Berdasarkan latar belakang diatas, maka di dapat rumusan masalahnya adalah: 1). Bagaimana perlindungan hukum bagi investor cryptocurrency menurut Undang-Undang No 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen 2). Bagaimana pandangan hukum Islam tentang investasi cryptocurrency. Penelitian ini merupakan library research atau penelitan kepustakaan, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu mengemukakan beberapa Pendapat Ulama perihal pandangan hukum Islam bitcoin sebagai alat investasi menurut hukum Islam. Dari kesimpulan ini pemerintah harus melindungi investor yang melakukan investasi cryptocurrency yakni dari segi aturannya pemerintah harus membuat regulasi secara khusus dalam menangani perlindungan hukum bagi investor. dan dalam pandangan hukum Islam Investasi cryptocurrency adalah haram karena mengandung unsur, spekluasi maysir dangharar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eksyda

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

Eksyda: Journal of Islamic Economics Studies publishes articles on current issues of Islamic economics and finance in Indonesia. This journal invites researchers, academics and practitioners to publish original, conceptual, theoretical and empirical research on sharia economics issues. Focus & Scope ...